Melalui Instragram Robert Sindir PSSI

Pelatih PSM, Robert Alberts.. (VOTO: ASRIL SYAHRIL

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR — Pelatih PSM Makassar, Robert Alberts kembali menyindir PSSI terkait jadwal Liga I. Kritik tersebut ia sampaikan melalui dua rekaman video yang diunggah di akun instagram pribadinya.

Di dua video berdurasi masing-masing satu menit itu Robert menanyakan kejelasan jadwal Liga 1. Pelatih asal belanda itu lalu memberikan pandangan tentang kondisi sepak bola di Indonesia.

Bacaan Lainnya
“Saya mau opini dari luar sana tentang yang bisa kita kumpulkan dan bisa meningkatkan sepak bola Indonesia. Ini bukan hanya tentang klub, ini pada akhirnya soal bagaimana persepakbolaan di Indonesia bisa bersaing di level internasional,” katanya.

Robert berpandangan untuk mendapatkan pemain berkualitas, pembianan usia dini harus jadi perhatian. “Untuk itu, kita harus mulai dari level dasar. Level dasar itu adalah pembinaan usia muda dan dari situ, tentu pemain-pemain terbaik bisa dipilih untuk tim nasional,” ujar Robert.

Ia kemudian menanyakan tentang jadwal kompetisi liga 1 yang belum jelas. Sebelumnya, PSSI mewacanakan liga akan bergulir pada 3 Maret 2018, namun belum ada penyampaian resmi tentang itu.

“Di antara isu-isu yang beredar adalah, sampai sekarang, tidak ada pemberitahuan resmi dari liga kapan kick off liga. Jadi apa sebenarnya prioritas di sepak bola Indonesia sekarang,” tanya pelatih berusia 63 tahun itu mengakhiri ocehannya.

Pada video kedua yang diunggah Robert Alberts, lagi-lagi ia menanyakan jadwal liga. Tapi kali ini, ia juga mengkritisi pelaksanaan turnamen Piala Presiden.

Ia menilai Piala Presiden terkesan terlalu kompetitif sehingga memaksakan tim.

“Saya ingin bicarakan tentang Piala Presiden. Ini adalah kompetisi pra musim sebelum kompetisi dimulai. Hadiahnya cukup besar, saya juga melihat peran pelatih di bawah tekanan,” katanya.

“Tim mau menang, dan suporter punya harapan besar. Namun, perlu kita ketahui ini hanya pra musim. Tidak ada di dunia ini, ada kompetisi pramusim sebelum liga utama, yang melibatkan tim-tim yang sama,” cetus dia.

Kalau mau tingkatkan sepak bola Indonesia, kata Robert turnamen pra musim harus dibuat untuk membangun tim sebelum kick off liga.

“Tinggal tiga minggu lagi menunggu liga, dan kita belum tahu dan tidak ada informasi sama sekali bagaimana liga nantinya,” tanya Robert.

“Tahun lalu, bahkan pelatih-pelatih dipecat di pra musim. Tentu saja, ini tekanan yang tidak perlu didapati para pelatih pada saat dia membangun tim. Mereka tidak siap untuk kompetisi pra musim,” katanya lagi.

Robert menyarankan Piala Presiden berubah. Menurutnya, ini bisa jadi kompetisi dalam kompetisi sebenarnya.

 

Penulis : Aril

Pos terkait