Ruas Jalan Protokol di Makassar Lengang

Suasana di dua ruas jalan AP Pettarani tampakk tidak seperti biasanya. Masih lengang. Di hari biasa, Jalan AP Pettarani merupakan salah satu jalan terpadat di Makassar. (FOTO: SRI SYAHRIL)

INFOSULSEL.COM,MAKASSAR – Sejumlah ruas jalan protokol di kota Makassar terlihat lengang dan tidak sepadat biasanya pada hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, Jumat (15/6/2018).

Suasana di Jalan Mesjid Raya yang biasanya dipadati kendaraan, tampak masih lengang. (FOTO: SRI SYAHRIL)

Hal ini terjadi setiap tahun karena sebagian warga Makassar telah mudik untuk merayakan Hari Raya Idulfitri di kampung halaman masing-masing.

Jalan Sudirman yang merupakan salah satu jalan utama di kota Makassar, juga lengang. (FOTO: SRI SYAHRIL)
Kondisi ini mulai terasa  sejak H-1 lebaran atau Kamis (14/6/2018). Berbeda di hari-hari sebelumnya. Macet menjadi santapan sehari-hari para pengguna jalan di Makassar.
Suasana di Jalan Ahmad Yani depan Mal MTC, lengang.(FOTO: SRI SYAHRIL)

Pantauan INFOSULSEL.COM, sejak usai Shalat Ied, hingga Jumat malam Jalan Pasar Ikan, Penghibur, Jendral Sudirman,  Veteran, hingga Jalan Mesjid Raya, tak ada penumpukan kendaraan seperti di hari kerja biasanya.

Pertigaan depan PLTU Tello, Jalan Urip Sumihardjo – Dr Leimena-Perintis Kemerdekaan yang merupakan salah satu jalan poros yang selalu macet di hari kerja, sejak H-1 Idul Fitri tampak masih lengang di H+2 lebaran.(FOTO: SRI SYAHRIL)
Jalan Urip Sumiharjo depan Kampus UMI pun sepi. Di hari biasa di jalan poros ini kendaraan selalu padat merayap.(FOTO: SRI SYAHRIL)
Begitu juga di Jalan AP Pettarani, Sultan Alauddin,  Urip Sumihardjo dan Perintis Kemerdekaan, yang biasa macet kini lancar tanpa hambatan. Sama sekali tak terlihat ada antrean. Begitu juga di Jalan Bulevard dan Pengayoman, suasananya sepi. Hanya ada beberapa sepeda motor dan mobil yang melaju.
Jalan poros utama di depan kantor Gubernur Sulsel, tampak sepi oleh kendaraan. Berbeda di hari kerja kendaraan selalu ramai. bahkan setiap hari jalan ini selalu macet oleh padatanya kendaraan. (FOTO: SRI SYAHRIL)

Sementara itu, ruas jalan tol juga terpantau lengang di kedua arah. Kemudian, memasuki Jalan Nusantara Baru dan Jalan Nusantara serta Jalan Sulawesi tembus ke Jalan Ahmad Yani dan Penghibur, konsidinya juga sama, lancar tanpa hambatan.

Jalan Sultan Alauddin, jalan salah satu jalan poros yang menghubungkan kota makassar dengan kabupaten Gowa dan daerah di bagian Selatan Sulsel merupakan salah satu jalan poros terpadat di Makassar. Namun sejak H+1, jalan ini sepi oleh kendaraan.(FOTO: SRI SYAHRIL)

Diperkirakan pada Selasa (19/6/2018) ruas jalan di Makassar mulai kembali padat sehari jelang selesainya cuti bersama Idul Fitri 2018.

Sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) yang ditandatangani tiga menteri pada 18 April 2018 lalu, libur cuti bersama pada Idul Fitri 2018 adalah tanggal 11, 12, 13, 14, 18, 19, dan 20 Juni 2018.

Penulis : Asri Syahril

Pos terkait