Dewan Imbau Pemkot Lakukan Pengawasan Ketat Warga Pendatang Baru Pasca Lebaran

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR– DPRD Kota Makassar mengimbau Pemerintah Kota (Pemkot) untuk melakukan pengawasan terhadap warga pendatang baru yang masuk ke kota Makasssr pasca lebaran.

Demikian disampaikan, Sekretaris Komisi D Bidang Kesejahteraan Rakyat, Supratman. Menurutnya, momen pasca lebaran kerap dimanfaatkan oleh warga pendatang baru ke Makassar untuk mengadu nasib. Banyaknya pendatang baru tersebut tak berbanding lurus dengan jumlah ketersediaan lapangan pekerjaan.
Akibatnya, rentan menjadi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) baru di Kota Makassar.

“Makassar terbuka bagi siapapun yang ingin mengadu nasib. Namun kami mengimbau jika ingin tetap tinggal di Makassar harus punya skill atau keterampilan agar tidak terlunta-lunta,” terang Supra sapaan akrabnya, Minggu (10/6/2018).

Sementara, anggota Komisi D lainnya Basdir mendorong pemerintah kota Makassar dalam hal ini pejabat kelurahan, hingga RT/RW untuk lebih ketat dalam melakukan pengawasan terhadap warga yang ada sekitar rumahnya. Tak hanya pejabat setempat, warga pendatang yang rentan menjadi PMKS juga harus menjadi perhatian Dinas Sosial Kota Makassar dan dinas terkait lainnya.

“Jika perlu pendatang baru yang kedapatan mengemis di jalan langsung dibawa saja ke Panti. Disitu kan mereka bisa dibina agar tidak kembali lagi ke Makassar.,” pungkasnya.(*/yud)

Editor: Yudhi

Menu