Hamka Hamzah, Back to Arema

INFOSULSEL.COM,MAKASSAR – Teka-teki kemana Hamka Hamzah berlabuh, akhirnya terjawab. Tak butuh lama bagi bek senior itu mendapat klub baru. Padahal baru Kamis (12/7/2018) kemarin ia menyatakan mundur dari Sriwijaya FC bersama sejumlah pemain lainnya.

Mantan kapten timnas itu ternyata kembali ke klub lamanya, Arema FC. Pemain asal Makassar itu malah sudah diperkenalkan ke Aremania, Jumat siang (13/7/2018) sesaat setelah ia mendarat di Bandara Abdulrachman Saleh, Malang.

Dari bandara, Hamka langsung menuju kantor manajemen Arema untuk penandatanganan kontrak berdurasi setengah musim.

“Sebenarnya prosesnya sudah tiga minggu lalu. Ketika ada kabar Sriwijaya akan melakukan evaluasi tim. Karena ada nama saya, saya langsung menjalin komunikasi degan Arema.  Alhamdulillah, disetujui,” jelas Hamka kepada sejumlah awak media.

Hamka mengakui setiap musim dia selalu ingin ke Arema. Apalagi komunikasinya dengan manajemen Arema tak pernah putus.

Setelah kembali ke Arema, Hamka punya ambisi membantu memperbaiki posisi di klasemen. Dia optimistis bisa membuat Arema naik dari posisi saat ini, di peringkat ke-12.

“Saya ingin memperbaiki posisi tim. Peluang itu masih ada. Karena jarak poin tidak terlalu jauh dengan tim yang ada di atasnya,” ujarnya.

Usai diperkenalkan sebagai pemain Arema, eks kapten PSM musim 2017 itu langsung bergabung latihan di lapangan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Ia mengaku sudah tidak sabar untuk bekerja sama dengan pemain yang ada saat ini. Sepeninggal Hamka akhir musim 2016 dan bergabung di PSM, banyak pemain baru yang datang.

Hamka juga langsung akan menjabat sebagai kapten tim. Dia mengemban tugas yang selama ini dijalankan Purwaka Yudi yang saat ini tengah didera cedera lutut dan harus menepi selama satu bulan. Nomor punggung yang dipakainya pun tetap seperti saat ia masih berkostum Arema, yakni 23.

“Kami memang butuh sosok leader di pertahanan. Hamka merupakan langganan kapten di klub-klub sebelumnya. Tapi, sekarang tergantung pelatih. Apakah dia jadi starter atau bagaimana,” kata Ruddy Widodo, General Manager Arema.

Hamka menyerahkan sepenuhnya kepada pelatih. Dia juga tidak merasa bisa langsung jadi starter. Meski, kemungkinannya sangat besar.

“Yang pasti, saya harus berusaha dulu saat latihan. Keputusan bermain atau tidak, semua tergantung pelatih,” tegas Hamka.

Penulis : Asri Syahril

Menu