oleh

Kepala Staf Kepresidenan RI Jadi Pembicara di Unhas

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR— Kepala Staf Kepresidenan RI Jend. (Purn) Dr. Moeldoko menjadi salah satu pembicara pada acara Diskusi Millenial Menuju 2045 di Baruga AP. Pettarani, Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar pada Selasa (27/02/2018)

Mantan Panglima TNI ini memberikan pemahaman bagaimana mempersiapkan Indonesia untuk menghadapi tantangan dan peluang di tahun 2045.

“Tantangan kita adalah membangun kompetisi di tengah-tengah persaingan global saat ini. Apalagi kita ini berada di lingkungan ASEAN, tentu kita harus punya banyak keunggulan,” urainya

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa Indonesia tidak boleh lagi mengandalkan keunggulan komparatif dengan sumber daya yang dimiliki. Tapi jauh sebelumnya keunggulan kompetitif harus terus dikembangkan.

“Sebagai contoh, dengan keberadaan produk-produk cina yang masuk ke Indonesia itu melatih daya saing kompetitif yang kita miliki. Kita tidak boleh kalah. Daya saing yang kita punya harus bisa mengimbangi upaya-upaya negara luar mengembangkan inovasinya di negara kita,” ungkapnya.

Diskusi Millenial ini juga dihadiri oleh beberapa panelis seperti mantan vokalis Payung Teduh, Is, ketua akademi ilmuwan muda Prof. Jamaluddin Jompa, Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, Akademisi UIN Alauddin Makassar, Prof Hamdan Juhannis, dan CEO Good News From Indonesia Wahyu Aji. (*)

Penulis: Nurfhadilah Bahar
Editor : yudhi

News Feed