Data dan Fakta Pertandingan PSM vs Persebaya

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Kemenangan tipis 1-0 PSM Makassar atas Persebaya Surabaya di Stadion Mattoanging, Makassar, Sabtu (9/6/2018), meninggalkan beberapa data dan fakta setelah pertandingan.

Berikut 12 data dan fakta yang berhasil dirangkum redaksi INFOSULSEL.COM:

Bacaan Lainnya
  1. Gol kemenangan Rizky Pellu di menit 72 merupakan gol kelimanya musim ini. Seluruh golnya dibuat di Stadion Mattoanging, Makassar. Dua gol terakhir Pellu dibuat melalui heading memanfaatkan corner kick.
  2. Asist Rasyid Bakri kepada Pellu melalui corner kick merupakan kreasi keempatnya musim ini. Rasyid bahkan menjadi kreator dalam dua gol terakhir Pasukan Ramang dan semuanya melalui corner kick.
  3. Meski berposisi gelandang, Pellu menjadi top skor sementara Pasukan Ramang. Sementara itu Rasyid menjadi top asist meski sering dibangku cadangkan.
  4. Hanya satu pemain Pasukan Ramang menerima kartu kuning di pertandingan ini, Ia adalah Willjan Pluim. Pluim menerima kartu kuning setelah dengan sengaja mengganjal langkah kaki Nelson Alom.
  5. Kartu kuning yang diterima Pluim di masa injury time babak pertama merupakan kartu kuning ketiganya musim ini. Playmaker asal Belanda tersebut dipastikan absen melawan Persija Jakarta.
  6. Untuk ketiga kalinya secara beruntun, Pasukan Ramang gagal mencetak gol di babak pertama ketika bermain di Stadion Mattoanging, Makassar.
  7. Pertandingan ini juga memecahkan rekor penonton terbanyak selama pertandingan kandang Pasukan Ramang. Total 14.418 pasang mata memadati stadion tua ini. Spesialnya lagi, tidak hanya suporter tuan rumah saja yang hadir, Bonek Mania (suporter Persebaya Surabaya) juga hadir sehingga mampu menciptakan atmosfer pertandingan yang sangat luar biasa.
  8. Pasukan Ramang berhasil mencatat cleansheet keenamnya musim ini, empat diantaranya terjadi di Stadion Mattoanging, Makassar. Menariknya, semua cleansheet terjadi ketika Rivky Mokodompit berada di bawah mistar gawang.
  9. Tidak hanya memberi kekalahan pertama Persebaya Surabaya selama bulan ramadhan. Pellu juga dinobatkan sebagai Man of The Match di pertandingan ini.
  10. Kemenangan ini membuat Pasukan Ramang telah memenangkan 3 dari 9 pertemuan sejak Indonesian Super League 2008/2009. Sementara itu Bajul Ijo sukses memenangi 6 pertandingan lainnya.
  11. Telah tercipta 20 gol dari 9 pertemuan kedua kesebelasan. Persebaya Surabaya masih unggul dengan rasio 14 gol berbanding 6 gol untuk PSM Makassar.
  12. Kemenangan ini membuat PSM Makassar tetap memuncaki klasemen Liga 1 2018. Pasukan Ramang menikmati masa libur lebaran dengan koleksi 24 poin.

Selanjutnya PSM Makassar akan menghadapi Persija Jakarta, Jum’at (6/7/2018), pada pekan ke-14 Liga 1 2018.

Penulis: Adriyan

Pos terkait