Peduli Isu Nasional, UNM-ISNU Canangkan Seminar Nasional Migas

Rektor UNM, Prof. Dr. Husain Syam. Foto: Adriyan

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) bekerja sama dengan Ikatan Sarjana Nahdatul Ulama Sulawesi Selatan (ISNU Sulsel) sepakat menyelenggarakan Seminar Nasional Kemigasan.

Mengusung tema “Peran BUMN Migas Dalam Menopang Ketahanan Energi Nasional”, seminar tersebut akan dihelat di Ballroom Lt.2 Menara Pinisi UNM, Makassar, Jum’at (18/1/2019).

Bacaan Lainnya

Beberapa pembicara pun dihadirkan diantaranya Ali Masykur Musa, Deputi Migas BUMN, dan Dirut Pertamina lalu pengurus ISNU, civitas akademika UNM, dan masyarakat umum akan menjadi peserta seminar.

Rektor UNM, Prof. Dr. Husain Syam, M.Tp menyampaikan, pihaknya mengapresiasi rencana pelaksanaan seminar nasional ini.

Ia menegaskan kegiatan tersebut merupakan bagian penting untuk memberi masukan dan gambaran terkait ketahanan energi di Indonesia, juga potensi cadangan minyak, gas, dan energi terbarukan.

Terlebih lagi, pemerintah terus mengarah pada pembangunan energi baru dan terbarukan sebagai langkah dan arah kebijakan pembangunan di sektor energi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat.

“Melihat betapa pentingnya isu ketahanan energi ini, UNM memiliki perhatian khusus terhadap isu migas, lingkungan, dan dalam menghadapi krisis energi kedepan, kami gelarlah seminar nasional ini,” jelas Prof. Husain, Selasa (15/1/2019).

Konsumsi minyak bumi di Indonesia dinilai telah melebihi produksi dan di sisi lain, Indonesia belum memiliki cadangan yang cukup sebagai penyangga energi lain yang dapat memberikan jaminan pasokan.

“Kami harapkan sejumlah masukan terkait migas, ketahanan energi, dari seminar nasional ini nantinya,” tandas mantan Dekan Fakultas Teknik (FT) UNM ini.

Panitia akan mengundang sejumlah pihak yang berkaitan dengan sektor energi, minyak, dan gas yang ada di Sulawesi dengan perkiraan estimasi peserta mencapai 1.000 orang.(*/RP/16)

Pos terkait