Musim Kemarau Marak Kebakaran, Ini Solusi Damkar

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar sudah menangani 185 kasus kebakaran dalam kurun waktu 9 bulan sejak Januari -September 2019.

“Di bulan September ini saja Damkar Makassar telah menangani kurang lebih 40 kasus kebakaran. Kasus kebakaran paling banyak akibat arus pendek dan korsleting listrik serta kebakaran alang-alang,” ungkap Kepala Bidang Operasional Damkar, Hasanuddin pada acara coffee morning Humas Pemkot Makassar di Cafe Iconik, Kamis (19/9/2019).

Kemunculan titik api awal disebabkan oleh bertemunya tiga unsur yakni suhu panas, oksigen dan bahan yang mudah terbakar. Maka penangannyapun kata Hasanuddin dilakukan cukup dengan menghilangkan salah satu dari tiga unsur tersebut.

“Salah satunya saja yang kita hilangkan disitu. Misalnya oksigennya dihilangkan dengan menutup permukaan bisa mencegah terjadinya kebakaran,” sambungnya.

Selain itu Hasanuddin mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman serta potensi terjadinya kebakaran terlebih di kondisi cuaca kemarau seperti saat ini.

(Andi/Riel)

Komentar

News Feed