9 Fraksi DPRD Sulsel Terbentuk

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR — Sembilan fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan periode 2019-2024, terbentuk  dan diputuskan pada rapat paripurna, dipimpin Ketua sementara DPRD Sulsel Andi Ina Kartika dan Wakil Ketua sementara Syaharuddin Alrif, Kamis (3/10/2019).

“Surat balasan dari semua parpol telah kita terima. Karena itu hari ini kita tetapkan susunan fraksi di DPRD Sulsel periode 2019-2024,” jelas Ina pada rapat paripurna.

Sesuai hasil Pemilihan Umum 2019, DPRD Sulsel dihuni oleh perwakilan sebelas partai politik. Golkar menempatkan caleg terbanyak dengan total 13 kursi. Disusul NasDem 12 kursi, Gerindra 11 kursi, dan Demokrat 10 kursi.

PKS, PKB, dan PDIP masing-masing mengamankan 8 kursi. Selanjutnya, PAN mengisi 7 kursi, PPP 6 kursi, serta Perindo dan Hanura masing-masing 1 kursi.

Sesuai aturan, setiap fraksi di DPRD terbentuk dengan minimal lima kursi legislator. Karena itu, perwakilan Perindro dan Hanura memilih bergabung dengan PPP. Sedangkan parpol lain berhak atas fraksi sendiri.

Dalam daftar susunan pimpinan fraksi-fraksi yang diumumkan dalam rapat paripurna, mayoritas merupakan wajah lama. Termasuk, sebagian besar pimpinan fraksi merupakan legislator petahana dari periode.

Fraksi Golkar dipimpin Fachruddin Rangga, Gerindra diketuai Edward Wijaya. Haidar Majid jadi ketua Fraksi Demokrat. Sementara Sri Rahmi memimpin Fraksi PKS.

Berikutnya ada Arum Spink (Fraksi NasDem) dan Syamsuddin Karlos (Fraksi PAN). Tiga fraksi lain dipimpin legislator pendatang baru DPRD Sulsel. Masing-masing Imam Fauzan Amir Uskara di Fraksi PPP, Azhar Arsyad di Fraksi PKB, dan Andi Ansari Mangkona di Fraksi PDIP.

(Riel)

Komentar

News Feed