Arema vs PSM,  Duel Murid dan Guru

 

INFOSULSEL.COM, MALANG—Laga Arema FC dengan PSM Makassar yang tersaji di Stadion kanjuruhan, Kabupaten Malang, di pekan ke-22, Rabu (30/8/2017), akan terasa berbeda. Sebab, laga ini menjadi duel antara murid dan guru.

Ya, Robert memang tengah menjalani sanksi tidak boleh duduk di bench pemain. Namun kedua pelatih itu akan tetap beradu strategi. Pelatih asal Belanda itu bakal mendampingi tim asuhannya dari tribune penonton.

Coach Robert akan tetap menyiapkan taktik PSM. Meski tidak bisa di pinggir lapangan, dia akan berkomunikasi dengan stafnya dari tribune penonton,” kata pelatih Arema, Joko ‘Getuk’ Susilo.

Saat membawa Arema juara pada musim 2009-2010 Robert merupakan mentor Getuk. Tetapi, posisi mereka kini sejajar sebagai pelatih kepala. Getuk sudah menebar psywar sebelum pertandingan. Dia tidak mau dikatakan mewarisi gaya kepelatihan Robert.

“Ilmu kepelatihan itu global dari FIFA diturunkan lewat kursus. Kemudian dijabarkan sesuai dengan karakter setiap pelatih. Coach Robert punya gaya dan karakter sendiri. Begitu juga dengan saya,” katanya.

Sebagai pelatih, karakter Getuk tampak lebih fokus dengan fisik pemain. Sebab, dia memegang filosofi jika stamina adalah hal yang utama dalam sepak bola. “Istilahnya jika pemain sudah punya bensin penuh, mau dibuat bermain dengan pola apa saja bisa jalan,” jelasnya.

Sedangkan Robert lebih pada kerja sama tim. Sejak menangani Arema, dia memilih pemain yang punya karakter tidak individual. Di PSM, dia juga menerapkan pola yang hampir sama. Kerja sama tim yang jadi keunggulan.

Pada putaran pertama Liga 1, Arema menyerah 0-1 di kandang PSM. Namun, waktu itu Arema dipegang Aji Santoso yang sudah mundur dari jabatan pelatih kepala pada paruh musim.

Kini, Getuk yang harus melanjutkan sebagai arsitek tim. Arema punya modal bagus sebelum menjamu PSM. Singo Edan belum menelan kekalahan dalam tiga pertandingan terakhir. “Sekarang kami ingin jaga konsistensi permainan. Kalau bisa lebih ngotot saat melawan PSM,” imbuhnya.

Penulis : Aril

News Feed