Cyber Security, Solusi Cerdas Rektor UNM Tangani Berita Hoax

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Husain Syam tampil sebagai panelis dalam Dialog Kebangsaan yang diadakan Indonesia Tionghoa Sulawesi Selatan (Inti Sulsel) bersama Panguyuban Sosial Marga Tionghoa (PSMTI) Sulsel.

Kegiatan tersebut juga menghadirkan Menteri Perdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Syafruddin Kambo sebagai keynote speaker.

Dialog yang mengangkat tema “Merajut Kebhinekaan Dalam Bingkai NKRI” dihadiri ratusan peserta di Grand Ballroom Lantai 6 Karebosi Condotel, Makassar, Sabtu (2/3/2019) sore.

Sebagai panelis, Husain Syam menyampaikan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Eks Dekan Fakultas Teknik (FT) UNM selama dua periode pun mengajak para peserta dialog untuk menghindari segala bentuk perpecahan.

“Kita ini terbiasa berbeda, tapi persatuan dan kesatuan kita juga telah teruji. Kita bangsa yang besar karena persatuan,” jelas Guru Besar UNM tersebut.

Menurutnya, salah satu penyebab perpecahan adalah oknum yang secara terpola menyebarkan dan mengkonstruksi berita bohong dan berita palsu (hoax) yang berdampak pada perpecahan.

Pria kelahiran Kabupaten Polman, Sulawesi Barat, juga menawarkan satu solusi untuk penanganan berita hoax yaitu cyber security dan cyber policy.

“Indonesia tengah berada dalam pusaran ancaman beberapa gerakan yang merongrong NKRI. Tekad yang kuat menjaga kedaualatan dan memajukan negeri harus terpatri di sanubari kita,” tutup Prof Husain yang juga sebagai Ketua Umum Ikatan Sarjana NU Sulsel ini.(*/RP)

Komentar

News Feed