Ini Perolehan Suara 9 Caleg Terpilih di Dapil Makassar 1

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR — Hasil rekapitulasi perolehan penghitungan suara 16 partai politik peserta Pemilu 2019 telah selesai dilakukan oleh KPU Kota Makassar, Kamis (16/5/2019) di Hotel Grand Asia.

Di Daerah Peilihan (Dapil) Makassar 1 meliputi Kecamatan Ujungpandang, Makassar dan Rappocini (Umar) ada 9 Caleg dari sembilan partai yang meloloskan kadernya. Siapa saja mereka?

Berikut prediksi nama, asal partai dan perolehan suara yang disusun INFOSULSEL.COM mengunakan metode divisor Sainte Lague sesuai data pada model DB1 KPU kota Makassar.

Partai Nasdem menempati kursi pertama dengan perolehan suara 21 519, disusul Partai Golkar 14488. Di kursi ketiga ada PDIP dengan torehan suara 13.724. Di bawahnya Partai Demokrat dengan perolehan suara 12.995 disusul Gerindra yang meraih suara 10.897, PAN 10.449 dan Hanura 8920.. Sementara di kursi ke delapan dan kursi ke sembilan ditempati PPP dan PKS.

Dari sembilan kursi yang tersedia di dapil ini hanya tiga caleg petahana yang mampu kembali meraih kursi. Ketiganya yakni Irwan Djafar (Nasdem) dengan jumlah suara 5.562, disusul Eric Horas 4.201 suara dan M Zaenal Dg Beta (PAN) dengan perolehan suara terahir 2.823.

Sementara itu enam caleg lainnya merupakan wajah-wajah baru. Mereka adalah Hj Apiaty Amin Syam, istri mantan Gubernur, mantan Ketua DPD Partai Golkar Sulsel, dan mantan Bupati Enrekang, Amin Syam.

Mantan pejabat teras Pemkot Makassar ini menumbangkan legislator dua periode yang juga ketua DPD Partai Golkar dan Ketua DPRD Makassar, Farouk M Beta.

Suara ARU, sapanaannya hanya 3853, selisih 526 suara dari  Apiaty yang mendulang 4.379. Politisi partai beringin rindang ini juga satu dari tiga caleg perempuan yang lolos di Dapil ini.

Caleg perempuan pendatang baru lainnya yakni Andi Suhada Sappaile. Istri Andi Erwin Hatta, Ketua MPC Pemuda Pancasila (PP) Kota Makassar ini juga menumbangkan sang petahana,  Munir Mangkana. Munir adalah anak wartawan senior yang juga politisi dan legislator senior Partai Golkar, Nurdin Mangkana (Alm).

Legislator perempuan pendatang baru berikutnya adalah Rezky. Caleg nomor urut 7 Partai Demokrat  ini peraih suara terbanyak di Dapil 1. Ia adalah istri Ketua Badan Pendapatan Daerah  (Bapenda) Kota Makassar Irwan Adnan. Bermodalkan 6.673 suara Rezky menggantikan ustads Agung Wirawan legislator Demokrat yang tak lagi maju di Pileg 2019.

Wajah baru lainnya berasal dari Partai Hanura, Muchlis A Misbah. Ia meraih suara 6.264. Disusul Fasruddin Rulis, caleg PPP yang mampu duduk di kursi ke delapan dengan modal suara 3.381.

Kursi kesembilan di dapil ini diraih Anwar Faruq. Caleg nomor urut 1 dari PKS ini mampu meraih kursi terakhir dengan modal suara 1.579. Suaranya beda tipis dengan suara partainya, 1.537 atau selisih 42 suara.

Penulis : Asri Syahril

Komentar

News Feed