Tidak Hadir di Karebosi, DP Rayakan HUT Kemerdekaan di Tokka, Temanya, ‘Merdeka Atau Mundur Lagi’

Di Karebosi peringatan HUT Kemerdekaan dipimpin Pj Walikota Makassar Iqbal S Suhaeb.(FOTO: HUMAS PEMKOT MAKASSAR)

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR— Upacara Kemerdekaan RI ke-74 di Lapangan Karebosi, Sabtu (17/8/2019) tidak dihadiri Moch Ramdan Pomanto. Padahal sejumlah mantan Walikota turut hadir di deretan tamu VIP.

Diantara mantan walikota, wakil walikota dan sekda kota Makassar yang hadir diantaranya Ilham Arief Siradjuddin, walikota dua periode (2004-2014), Andi Herry Iskandar periode 2008 – 2009, Wakil Walikota Periode 2014 – 2019 Syamsu Rizal, mantan Sekda Kota Makassar Anis Kama Zakaria, dan Ibrahim Saleh.
Mantan Walikota Makassar Moch Ramdhan Pomanto tidak menghadiri undangan pada upacara HUT Proklamasi RI ke-74 di Lapangan Karebosi. Tapi bersama warga ia merayakannya dengan caranya sendiri di Bukikt Tokka dengan tema, Merdeka atau Mundur Lagi’.(FOTO: IG @danny,pomanto)

Pemkot Makassar sesungguhnya telah melayangkan undangan kepada mantan Walikota periode 2014-2019 tersebut. Hal itu diakui Kepala Bagian (Kabag) Umum Pemkot Makassar  Ichwan Jacub.

‘’Undangan sudah diterima. Tapi jauh hari Bapak sudah ada persiapan upacara dengan masyarakat di tempat lain sekaligus merayakan ulang tahun anaknya,” kata Ichwan saat dihubungi INFOSULSEL.COM, usai upacara peringatan HUT Proklamasi RI tingkat kota Makassar di Lapangan Karebosi, Jumat pagi.

Moch Ramdhan Pomanto, mengamini. Saat dihubungi via telepon selulernya Danny Pomanto, sapaan ayah tiga putri itu mengaku lebih memilih merayakannya bersama masyarakat yang mengundang dia merayakan HUT Kemerdekaan RI tahun ini di sebuah lahan yang cukup luas di Bukit Tokka Tenarata di Desa Bontomarannu, Kecamatan Moncong Loe, Kabupaten Maros. Danny mengkalim ada sekitar 1.500 masyarakat Makassar yang hadir di lahan miliknya yang luas itu.

‘’Kebetulan jauh-jauh hari masyarakat sudah mengundang saya. Jadi saya merayakannya bersama masyarakat di Bukit Tokka,” jelas Danny dari balik telepon, Jumat siang.

Di akun instagramnya @danny.pomanto,  Danny memposting sejumlah foto kegiatan dia bersama warga. Ia sempat menginap di bawah tenda di bukit nan luas itu. Ratusan tenda merah, putih, biru berjejer berhimpitan. Malam jelang peringatan HUT RI, Danny bersama warga menggelar malam renungan.

Agenda peringatan HUT RI ala Danny bertema, ‘Merdeka Atau Mundur Lagi’ ditandai pembentangan bendera merah putih sepanjang 300 meter dari puncak bukit.

Sementara di Karebosi peringatan HUT Kemerdekaan dipimpin Penjabat (Pj) Walikota Makassar Iqbal S Suhaeb.

“Jiwa kita tetap menjunjung semangat nasionalisme. Perlu mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang melawan penjajah. Budaya lokal yakni Sipakainge dan Sipakalebbi akan menjadi pererat silaturahmi demi menjaga keutuhan NKRI yang kita cintai,” kata Iqbal saat membacakan pidato seragam Gubernur Sulsel setebal 13 halaman itu.

Bertindak sebagai Komandan Pasukan Kapten Kavaleri Edison Hadi Yepese S,Sos yang sehari-hari menjabat Kaurops Kodim 1408/BS. Sementara pasukan pengibar bendera yakni Andi Youmil Ikezumy Yudha siswa SMA Islam Athirah Makassar sebagai pembawa baki, Ezar Alvah Rayhan dari SMA Negeri 2 Makassar sebagai komandan kelompok 8, Andi Muhammad Fahri sebagai pembentang bendera dari SMK Telkom Makassar, dan Mochammad Alfian Nabil Arliansyah dari SMAN 1 Makassar sebagai penggerek bendera.

Paskibraka Kota Makassar yang bertugas tahun ini membentuk formasi kapal Phinisi di mana filosofi yang ada di bumi Sulawesi Selatan yakni keberadaan kapal tradisional suku Bugis Makassar yang sejak dahulu kala menjadi saksi dalam pusat pelayaran di Indonesia.

(Asriel)

Komentar

News Feed