Tugas Damkar tidak Sekadar Padamkan Api

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Pemadam Kebakaran (Damkar) dominan diidentikkan dengan pekerjaan memadamkan api pada saat terjadi kebakaran. Namun ternyata, lebih dari itu. Damkar juga memiliki tugas lain yang jarang diketahui banyak orang.

Kepala Bidang Operasional Rescue Damkar Makassar, Hasanuddin menguraikan, selain memadamkan api, damkar juga memiliki tugas lain yaitu penyelamatan atau rescue.

“Divisi rescue kita ini baru terbentuk dua tahun. Sebenarnya dari dulu ada, orangnya ini ada tapi wadahnya yang tidak ada. Jadi saya bentuk wadahnya, saya buatkan SK-nya,” terang Hasanuddin ketika ditemui di kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makasssar, Jalan DR. Ratulangi Komplek PDAM, Rabu (14/11/2018).

Damkar Kota Makassar sendiri memiliki lima sub divisi penyelamatan. Yakni, Animal Rescue, Road Traffic Accident, Vertical Rescue, Water Rescue dan Fire Rescue.

“Divisi rescue ada lima sub. Pertama, Animal rescue. Itu penyelamatan hewan peliharaan, kemudian ada Road Traffic Accident. Sebenarnya bukan urusan pemadam kalau tabrakannya, tapi karena ada orang di dalam.  Kita turun (menyelamatkan korban), termasuk juga kebakaran di mobil,” papar Hasanuddin.

Selanjutnya,  Vertikal Rescue yang bertugas menyelamatkan di ketinggian dan di kedalaman.

“Misalnya, orang jatuh di sumur, menurunkan orang-orang yang ingin bunuh diri yang biasa memanjat di menara-menara sutet, termasuk penyelamatan korban reruntuhan gedung seperti yang dikirim ke Palu,” katanya

Kemudian ada juga Water Rescue. Penyelamatan orang-orang yang terbawa arus. Khusus untuk yang satu ini hanya untuk bantuan dalam kota saja.

“Misalnya terseret arus di kanal atau sungai. Nah di luar itu sudah tugasnya SARNas. Terakhir, Fire Rescue, untuk penyelamatan korban yang terjebak dalam kobaran api,” jelas Hasanuddin.

Jika masyarakat membutuhkan pertolongan seperti yang telah disebutkan, masyarakat dapat langsung menghubungi Damkar Kota Makassar melalui layanan 112.

(Andi/Riel)

Komentar

News Feed