oleh

UNM Target Jadi Kampus Terfavorit di Pendaftaran SBMPTN 2019

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 telah dimulai.

Berbeda pada tahun sebelumnya, proses SBMPTN diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) bagi calon mahasiswa baru.

Sebanyak 85 perguruan tinggi menyediakan jalur untuk SBMPTN tahun ini, salah satunya adalah Universitas Negeri Makassar (UNM) yang merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia Timur bahkan di luar Pulau Jawa.

Rektor UNM, Prof. Husain Syam mengatakan, untuk pendaftaram SBMPTN tahun 2019, UNM bertekad menjadi kampus favorit pilihan bagi pendaftar apalagi sudah banyak indikator yang telah dicapai UNM beberapa tahun belakangan ini.

Untuk menjadi pilihan favorit, UNM melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah dan stakeholder pendidikan dalam memberikan informasi secara gamblang kepada publik terutama mengenai teknis dan konsultasi jurusan.

“Kami ingin memberi gambaran dan pikiran pada siswa dan orang tua tentang kondisi obyektif kampus UNM hari ini,” ujar guru besar bidang pertanian ini, Minggu (10/3/2019).

Mantan Dekan Fakultas Teknik UNM juga menyebut, kampus besutannya memiliki program studi yang cukup komplit dan satu satunya PTN di Indonesia Timur yang memiliki Fakultas Seni dan Desain (FSD) dan Fakultaas Ilmu Keolahragaan (FIK).

Kampus pencetak guru ini pula telah menorehkan sejumlah prestasi dalam beberapa tahun terakhir diantaranya sebagai kampus dengan predikat A (unggul) dan Satuan Kerja (Satker) terbaik pertama secara nasional 2019.

Kampus dengan Sumber Daya Manisia (SDM) terbaik nasional 2018 dan kampus peringkat 20 dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) di tahun 2018.

“Melihat grafiknya, pendaftar di UNM memiliki peningkatan yang pesat dari tahun ke tahun, meningkatnya jumlah peminat tersebut tentu saja dipengaruhi oleh keunggulan yang dimiliki UNM sehingga menjadi pilihan. Hingga tahun depan kami pun targetkan ada 60 program studi sudah terkreditasi A,” tutur Husain.

Berdasarkan regulasi yang ditetapkan pemerintah, ada tiga jalur seleksi penerimaan yang bisa ditempuh calon mahasiswa untuk masuk PTN.

Pertama melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), kedua melalui SBMPTN, dan ketiga melalui jalur Seleksi Mandiri atau seleksi yang diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN.(*/RP)

Komentar

News Feed