UQ-Ichal Jalin Komunikasi Politik

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR — Sejumlah figur yang bakal maju di Pemilihan Walikota (Pilwali) kota Makassar 2020 mulai bergerilya. Dua di antaranya adalah Sukriansyah S Latief dan Syamsu Rizal.

UQ dan Deng Ichal sapaan akrab mantan pemimpin redaksi Harian Fajar dan mantan Wakil Walikota Makassar di era Danny Pomanto ini sudah intens berkomunikasi. Terakhir keduanya bertemu di Senayan City Jakarta, Ahad (9/6/2019).

UQ ditemani dua sahabatnya, Tomi Lebang mantan wartawan Tempo dan Buyung, jurnalist Kompas.

Informasi yang diterima INFOSULSEL.COM menyebutkan pertemuan terbatas itu membicarakan kesiapan keduanya berpasangan maju di kontestasi Pilkada Makassar 2020 mendatang.

“Kalau keduanya berpasangan tentu akan menjadi pasangan ideal dan kuat. Sisa mencari partai,” ujar sebuah sumber.

UQ memang pendatang baru. Namanya baru muncul beberapa bulan terakhir sebagai bakal calon walikota Makassar. Mantan wartawan Majalah Forum Keadilan ini salah satu figur paling serius. Ia bahkan sudah intens mensosialisasikan dirinya di tengah masyarakat.

Pada Pilgub Sulsel 2018 UQ adalah motor penggerak pasangan Prof Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman dan membawa pasangan ini mengalahkan dua calon lainnya, Nurdin Halid-Azis Kahar dan Ikhsan YL-Andi Muzakkar.

Akan halnya Deng Ichal, namanya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kota Makassar. Selain mantan wakil walikota Deng Ichal adalah ketua Bappilu Partai Golkar DPD I Sulsel. Ia figur terkuat di internal Golkar dengan tingkat elektabilitas tertinggi.

Jika UQ-Ichal berpasangan keduanya bisa saja mengendarai partai berlambang pohon beringin rindang. Sisa mencari tambahan partai lain untuk menggenapkan 10 kursi.

Untuk diketahui di Pileg 2019 Golkar hanya mendapat 5 kursi. Turun 3 kursi dibanding pileg 2014 silam yang meloloskan 8 kadernya.

Kesiapan UQ bertarung di kontestasi Pilwali Makassar 2020 bagi Ketua relawan UQ, Iqbal, adalah figur yang paling siap. Bahkan Iqbal dkk sudah
membentuk jaringan. Anggotanya tokoh-tokoh muda dan eks caleg lintas partai.

“Kami tergabung di UQ Squad. Jaringannya sudah sampai ke tingkat kelurahan,” kata Iqbal yang juga ketua salah satu relawan Jokowi-Ma’ruf Amin di Sulsel, Ahad (9/6/2019).

Iqbal menyebut UQ adalah sosok yang mampu membawa Makassar lebih baik dari sekarang. Sedang Deng Ical punya pengalaman satu periode sebagai wakil walikota Makassar.

Tomi Lebang yang hadir dipertemuan UQ-Deng Ichal mengaku tak membahas soal politik.

“Ah, cuman pertemuan biasa saja. Kami hanya sekadar kongkow-kongkow,” katanya.

Tapi alumni Fakultas Tehnik Unhas ini tak menampik jika keduanya bisa saja berpasangan di Pilwali Makassar.

“Politik itu dinamis. Bisa saja nanti keduanya berpasangan. Soal siapa 01 dan 02 biarlah mereka yang memutuskan,” ujar sahabat dekat UQ ini.

Penulis : Asriel

Komentar

News Feed