YAGPI Sulsel Fokus Bina Takraw dan Pencak Silat

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Yayasan Gema Prestasi Indonesia Sulawesi Selatan (YAGPI Sulsel) kini fokus tengah fokus mengembangkan dua cabang olahraga (Cabor) yang autentik di Sulsel, yakni takraw dan pencak silat.

Ketua YAGPI Dr. Arimbi, menyebut kedua cabor ini mulai merosot. Padahal sepak takraw dan pencak silat adalah andalan Sulsel. Tapi prestasi beberapa tahun ini mulai merosot.

“Takraw yang selama ini jadi ciri khas Sulsel beberapa tahun ini kan merosot. Padahal takraw olahraga yang autentik¬† di Sulsel. Kami berharap bisa bekerjasama dengan Kemenpora supaya berkembang dan geliatnya kembali,” paparnya di lapangan sepak takrow di Gedung Mulo, Ahad (8/9/2019).

Tahun depan rencananya Kejuaraan Sepak Takraw (KST) Sulsel rencananya akan dilaksanakan di Kabupaten Selayar.
Sebab, lanjut Arimbi, kejuaraan yang dilaksanakan di Mulo pesertanya tidak seimbang. Karena kebanyakan atlet-atlet baru.

“Sementara lawannya
ada yang atlet timnas. Jadi memang ada sedikit gamblang. Tapi bukan itu tujuannya. Kita ingin mengukur bagaimana kemampuan para atlet,” ujar Arimbi.

Adapun cabang olahraga Pencak Silat yang autentik di Sulsel juga akan ikut difokuskan.

“Fokusnya kita bukan hanya takraw saja, tetapi juga silat yang rencananya akan dilaksanakan di Kabupaten Sinjai. Silat juga cabor yang autentik di Sulsel,” imbuhnya.

Dua cabor ini juga persiapan menuju Pekan Olahraga Nasional (PON).

“Target dua cabor ini lolos PON. Makanya persiapannya benar-benar matang. Semoga di kejuaraan ini bisa kelihatan bakat-bakat baru,” harap Arimbi.

(Andi/Riel)

Komentar

News Feed