Cuaca Ekstrim, Situasi Bendungan Bili-Bili Siaga 1

Salah satu jembatan penghubung di Kecamatan Manuju, Kabupaten Gowa, putus akibat arus deras air dari Bendungan Bili-Bili, Selasa (22/1/2019).

INFOSULSEL.COM, GOWA – Curah hujan yang cukup tinggi terjadi di wilayah Kabupaten Gowa, berdampak terhadap ketinggian air di Bendungan Bili-Bili yang telah mencapai hingga 101,36 meter.

Informasi yang dihimpun langsung dari rilis Bupati Gowa, Adnan Purcihta Ichsan melalui akun instagramnya telah menetapkan status “WASPADA” terhadap kondisi Bendungan Bili-Bili saat ini.

Bacaan Lainnya

“Masyarakat Gowa dan sekitarnya yang saya cintai, saya ingin infokan bahwa kondisi Bendungan Bili-bili saat ini ditetapkan menjadi WASPADA karena ketinggian air sudah mencapai 101,36 meter sehingga saat ini dilakukan pembukaan pintu air, yang tentu akan berdampak banjir yang cukup tinggi,” tulis Bupati Gowa dalam rilisnya.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor (Kasubbag Humas Polres Gowa) AKP M. Tambunan pun menghimbau kepada warga masyarakat agar senantiasa waspada terhadap banjir.

“Masyarakat dihimbau agar mewaspadai banjir yang terjadi khususnya bagi masyarakat yang berada di aliran hilir Bendungan Bili-Bili untuk segera mengungsi mengingat kondisi bendungan telah ditetapkan status SIAGA 1,” ujar AKP M. Tambunan saat dikonfirmasi, Selasa (22/1/2019) siang.

Kasubbag Humas Polres Gowa juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak menyebarkan isu-isu yang membuat resah warga perihal kejadian tersebut.

“Mari kita tetap waspada dan terus berdoa, semoga curah hujan dapat segera turun sehingga aliran air juga dapat menurun,” tambahnya.

Selain itu, personil Polres Gowa juga telah disiagakan di lokasi Bendungan Bili-Bili untuk memantau dan berkoordinasi langsung dengan pihak terkait seputar perkembangan situasi dan kondisi bendungan.(*/RP/16)

Pos terkait