Tingkatkan Mutu Pendidikan, Dewan Panggil Pengawas Sekolah SD

  • Whatsapp

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR– Komisi D  DPRD kota Makassar bersama seluruh pengawas sekolah SD se-kota Makassar  membahas polimik mutu pendidikan yang menurun, pada Jum’at (14/2/2020) kemarin.

Ketua komisi D DPRD Makassar, Abdul Wahab Tahir menjelaskan, pertemuan tersebut merupakan lanjutan dalam menindaklanjuti Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (LHP BPK) Sulawesi Selatan.

“Mutu pendidikan di kota Makassar itu rendah. Oleh karena itu semua stakeholder yang bertanggung jawab di dunia pendidikan kita panggil. Kepala sekolah kita undang dan pengawas sekolah,” ujar Wahab saat di konfirmasi, Sabtu (15/2/2020).

Wahab menambahkan, penerapan Kurikulum 2013 (K13) resmi 2020 masuk dalam masa percobaan di sekolah-sekolah yang ada di kota Makassar.

Kurikulum 2013 sendiri memiliki empat aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, keterampilan, sikap, dan perilaku.

Dengan demikian, setelah diberlakukannya sistem K13 mengharuskan adanya proses pembelajaran yang berbeda. Siswa lebih dituntut pada karakter dan pengetahuan.

“Mutu pendidikan, mutu akademik, mutu pengajaran itu semua menjadi disorotan. Makanya kita panggil semua. Tidak hanya siswa yang akan sikapi tegas, tetapi guru dan kepala sekolah sebagai penanggung jawab, makanya pengawasannya harus ketat,” tambah Wahab.

Selain itu, dalam waktu dekat komisi D akan mengunjungi Unit Pelaksana Tenaga Dinas (UPTD) Pendidikan dan kelompok guru untuk membahas lebih lanjut terkait peningkatan mutu pendidikan.

“Sisa yang mau kita panggil UPTD dan kelompok kerja guru. Insya Allah minggu depan selesai,” pungkas Wahab. (Andi)

Terutama di kelas-kelas saat jam belajar tidak terpantau dengan baik. (andi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan