Iqbal Suhaeb Pimpin Aksi ‘Cuci Kota Makassar’

Pj Walikota Makassar Iqbal S Suhaeb terjun langsung melakukan penyemprotan disinfektan di sudut-sudut kota dalam aksi 'Cuci Kota' dalam rangka memeramngi COVID-19.(FOTO: IST)

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR —– Seakan tak kenal lelah sejak Virus Corona (Covid-19) mewabah dan menelan korban di Makassar  Penjabat (Pj) Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb terus berada di lapangan.

Ia bahkan berkeliling di sejumlah ruas jalan utama dan memimpin langsung aksi ‘mencuci kota’ dengan melakukan penyemprotan disinfektan sejak beberapa hari terakhir ini. Hal itu dilakukannya lagi  Sabtu (21/3/2020).

Bacaan Lainnya

Sejumlah ruang publik, seperti Anjungan Pantai Losari, Lapangan karebosi, taman-taman kota, fasilitas umum, jalan-jalan utama, termasuk pusat perbelanjaan oleh-oleh di sepanjang jalan Somba Opu tak luput dari sasaran peneymprotan oleh mobil dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar).

‘’Upaya ini salah satu bagian dari strategi untuk melawan penyebaran Virus Covid-19 di Kota Makassar. Kita telah memetakan potensi penyebaran virus. Salah satu yang menjadi fokus kita yakni wilayah yang sudah terdapat korban. Itu menjadi episentrum untuk proteksi,’’ jelas Iqbal Suhaeb kepada wartawan Sabtu di sela proses penyemprotan.

Satu tim dari Damkar (Pemadam Kebakaran) bertugas khusus di daerah tersebut untuk dilakukan sterilisasi dan melakukan penyemprotan disinfektan. Selain itu semua tempat orang banyak berkumpul, daerah pertokoan.

“Intinya sejak kemarin, hari ini dan beberapa hari kedepan kita cuci kota dengan disinfektan, sambil kita minta dukungan warga untuk tinggal dirumah saja” ujar Iqbal saat dikonfirmasi sejumlah wartawan di Anjungan Pantai Losari, Sabtu (21/3/2020).

Selain sterilisasi kota dengan disinfektan, juga dilakukan pemasangan wastafel di ruang-ruang terbuka, di fasilitas umum, termasuk di kantor-kantor pemerintah.

Iqbal juga ikut menyemprot disinfektan kesejumlah fasilitas umum, termasuk bus angkutan umum yang melintas.

“Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir itu jauh lebih efektif membunuh virus dibanding dengan Hand Sanitizer. Makanya kami lebih sarankan untuk memasangan wastafel,” katanya.

Iqbal bersyukur karena sejak virus Covid-19 mulai muncul di Makassar, sejumlah pihak baik itu swasta, NGO, relawan kemanusian, termasuk kelompok-kelompok masyarakat telah memperlihatkan kepedulian dan ikut dalam gerakan melawan virus Covid-19 di Makassar.

‘’Gerakan melawan Virus Covid-19 ini akan terus kita lakukan. Semakin banyak pihak yang ikut bergabung dan melakukan aksi nyata bersama akan semakin baik. Insya Allah kita akan lebih cepat melewati ini jika kita bersatu membangun solidaritas bersama, dan warga kita disiplin membangun Social Distancing dan tinggal di rumah,” lanjut Iqbal.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar, Taufik Rachmat menjelaskan langkah yang dilakukan dalam mendukung gerakan melawan virus Covis-19 di Kota Makassar dengan menurunkan enam unit armada Damkar dan puluhan personil untuk menyisir sejumlah tempat sesuai rencana yang telah ditetapkan.

‘’Satu armada kami khusus untuk menyisir wilayah episentrum di Jalan Rajawali di mana terdapat korban yang positif Covid-19. Selebihnya di tempat-tempat umum lainnya, seperti pantai losari dan juga yang lainnya,” jelas Taufik.(riel)

Pos terkait