4 Jam Patroli, Gugus Tugas Covid-19 Makassar Minta Warga Pulang ke Rumah

Situasi patroli 4 jam Pemkot Makassar, Jumat (4/4/2020).

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Kondisi Kota Makassar masih terlihat relatif ramai di sejumlah tempat. Padahal, berbagai tempat hiburan, pusat perbelanjaan, termasuk toko-toko yang tidak menjual makanan dan obat-obatan sudah tidak peroperasi untuk sementara waktu.

Demikian pula sejumlah himbauan lisan dan tertulis tentang larangan berkumpul dan beraktifitas di luar rumah berulang kali disampaikan oleh otoritas, baik pemerintah maupun lembaga keagamaan.

Bacaan Lainnya

Menyikapi situasi itu, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Makassar berkeliling dijalan utama selama empat jam menghimbau dan meminta warga untuk tidak berkerumun dan segera pulang kerumah masing-masing.

Tidak tanggung-tanggung, patroli kota ini dipimpin langsung Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb yang juga Ketua Gugus tugas Covid-19 Makassar, bersama Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol. Yudhiawan serta Komandan Kodim 1408/BS Makassar Kol (Inf) Andriyanto SE yang menjadi Wakil Ketua Gugus Tugas Covid-19 di Makassar.

Sejumlah warung makan dan warung kopi yang terlihat ramai orang berkumpul disinggahi dan diminta untuk segera kembali ke rumahnya masing-masing.

Pemilik warung diminta hanya dibolehkan melayani pembelian “Take Away” saja dan tidak boleh lagi ada kursi dan meja yang disiapkan pengunjung untuk tinggal berkumpul satu sama lain.

“Semua yang sudah kita lakukan tidak akan ada gunanya jika warga masih saja keluyuran di luar seperti ini. Makanya kita minta warung makan boleh buka tapi hanya melayani pembelian “take away” saja, dibungkus dan dimakan di rumah bersama keluarga. Demikian juga warung-warung kopi, janganmi dulu memasang kursi dan meja untuk pembeli, kopinya dibungkus dan diminum di rumah” ujar Iqbal usai memimpin patroli, Jumat Malam (3/4/2020).

Sejumlah personil gabungan, baik polisi, aparat TNI dan juga Satuan Polisi Pamong Praja Kota Makassar terlibat dalam konvoi ini. Selain itu, Ustad Hery juga ikut berkeliling menyampaikan himbauan melalui pengeras suara meminta warga untuk segera pulang ke rumah masing-masing.

Selain meminta warga pulang kerumah, tim ini juga membagikan masker kepada warga di beberapa tempat. Sejumlah pejabat Pemkot Makassar juga terlihat hadir, yakni Kasatpol PP, Imam Hud, serta Kabag Kesra, Aswis Badwi.

Kegiatan patroli malam juga dilakukan secara bersamaan di seluruh kecamatan di Makassar dengan melibatkan aparat kecamatan, polsek dan koramil.

red: gun

Pos terkait