E-Wako, Aplikasi untuk Mengadu dan Mengkritik BPK

  • Whatsapp

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan, secara resmi meluncurkan aplikasi pengaduan. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk mengadu bahkan mengkritik lembaga pemeriksa tersebut.

Apalikasi yang diberi nama E-Wako (Elektronik Wadah Komplain)  dilauncing Jumat, (25/09/2020) melalui Workshop dan Forum Komunikasi yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom dan diikuti sejumlah wartawan dan peggiat LSM.

Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Sulawesi Selatan, Wahyu Priyono, menjelaskan aplikasi E-Wako merupakan wujud peningkatan mutu pelayanan dan mengoptimalkan penanganan pengaduan.

‘’Aplikasi E-Wako juga bisa jadi sarana komunikasi bagi masyarakat untuk menyampaikan pengaduan kepada BPK Sulsel.  Melalui aplikasi ini masyarakat dapat memantau sejauh mana pengaduan yang disampaikan telah ditindaklanjuti oleh BPK,” katanya.

Wahyu menyebut selain sebagai wadah komunikasi antara masyarakat dengan BPK, melalui aplikasi ini masyarakat bisa mengetahui infomasi dan produk BPK.

‘’Melalui aplikasi ini masyarakat juga bisa memberi kritik , saran, dan pendapat,” sebut Wahyu.

Pada kesempatan tersebut Wahyu memaparkan sejumlah hasil pemeriksaan LKPD Semester I tahun 2020 di 25 entitas. Ia mengungkapkan terdapat 22 WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dan tiga WDP (Wajar Dengan Pengecualian).

“Hasil pemeriksaan 25 entitas LKPD, masih ada tiga entitas yang berstatus WDP. Salah satunya Tana Toraja. Sementara 22 lainnya berhasil mendapatkan opini WTP,” ungkap Wahyu.

Selain ada pula temuan lain seperti, kurangnya volume belanja modal dimana fisik bangunan di lapangan tidak sesuai dengan RAB.

‘’Ada juga temuan terkait pengelolaan pendapatan daerah yang masih belum optimal, serta masih terdapat aset tetap yang tidak diketahui keberadaannya. Namun nilai aset tetap tersebut berada di bawah angka materialitas,” sebut Wahyu (rani/andi)

Pos terkait