Launching Program Si-Rumah Emas, Ketua TP PKK Enrekang Apresiasi Kecamatan Curio

  • Whatsapp

INFOSULSEL.COM, ENREKANG – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Enrekang, Johra Muslimin membuka resmi launching program aksi perubahan si-Rumah Emas di Desa Salassa, Kecamatan Curio, Kabupaten Enrekang, Senin (23/11/2020). Kegiatan tersebut, sebagai akselerasi pencapaian status Open Defecation Free (ODF) di Kecamatan Curio.

Johra Muslimin Bando yang juga Ketua Forum Kabupaten Enrekang Sehat, dalam sambutannya, memberikan apresiasi kepada Camat Curio, Achmad Faisal yang telah menggagas Program Si-Rumah Emas. Keberadaan si-Rumah Emas telah membantu menuju Enrekang Maju, Aman, dan Sejahtera. Olehnya itu, dibutuhkan kerja sama yang baik.

“Jika dilakukan secara kolaborasi, maka semua yang berat jadi ringan. Keberadaan si-Rumah Emas telah membantu kita menuju Enrekang Maju, Aman, dan Sejahtera, dan juga memberikan kesempatan kepada Masyarakat untuk berbuat baik dan beramal yang sebanyak-banyaknya,” papar Johra, Selasa (25/11/2020).

“Karena sekecil apapun kebaikan yang kita lakukan tidak ada yang pernah sia-sia, dan inilah yang kita lakukan sekarang dalam bentuk program si-Rumah Emas,” tambahnya.

Si-Rumah Emas sendiri dapat diakses melalui website, yang dimana didalamnya memuat informasi tentang kebijakan pemerintah. Hal ini sejalan dengan status Kabupaten Enrekang menuju ODF.

Lebih lanjut, Johra mengatakan, sudah banyak capian inovasi di Kecamatan Curio. Olehnya itu TP-PKK juga tidak mau tinggal diam dan eksis berkolaborasi dengan Program Si-Rumah Emas melalui GS 2000 (Gerakan Sedekah Dua Ribu).

“Dengan adanya Si-Rumah Emas ini, daerah lain atau kecamatan lain bisa mencontoh dan sudah banyak sekali Inovasi yang bermanfat dan eksis sampai sekarang di Kecamatan Curio,” ungkapnya.

Johra berpesan agar si-Rumah Emas nantinya setelah Kecamatan Curio menjadi Kecamatan yang ODF bukan berarti berakhir sampai disitu, tetapi masih banyak yeng perlu dikerjakannya.

“K hari ini atau besok bisa menjadi Kecamatan ODF, maka kita tingkatkan jadi Kecamatan STBM atau Kabupaten STBM (Sanitasi Tuntas Berbasis Masyarakat). Jadi inilah kolaborasi antara kita semuanya mulai dari pemerintah, TP-PKK, Tokoh masyarakat dan semua Komonitas-komunitas yang ada bergabung didalamnya.”

“Peliharalah Si-Rumah Emas, mudah-mudahan dengan Inovasi Ini, kita betul-betul sampai pada tujuan mewujudkan visi Enrekang maju, aman, sejahtera, religius, dan Pembangunannya berkelanjutan,” demikian kata Johra.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Perwakilan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kemendagri Regional Makassar, Dr. Dinarwati, Ch, SE, MM, Kepala Dinas Perumahan Pemukiman Dan Tata Ruang Kabupaten Enrekang Dr. Sulviah Dahaling, ST, MM, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Enrekang Syahril, SKM, Kepala Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Enrekang.

Juga, Kapolsek Curio, Danramil Alla-Curio, Kepala Puskesmas Sumbang, Kepala Instansi Lingkup Kecamatan Curio, Ketua TP-PKK Kecamatan Curio, Kepala Desa dan Ketua TP-PKK se-Kecamatan Curio, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda, serta pengurus Forum Si-Rumah Emas. (andi)

Launching program si-rumah emas di Kecamatan Curio, Kabupaten Enrekang. (IST)

Pos terkait