Sejumlah Pohon Tumbang Akibat Hujan Lebat Mengguyur Kota Makassar

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Hujan lebat disertai angin kencang mengguyur Kota Makassar sejak dinihari pukul 03.00 WITA, mengakibatkan sejumlah pohon tumbang.

Sedikitnya ada 7 pohon tumbang yang terkonfirmasi dan telah ditangani oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar.

Bacaan Lainnya

“Jadi untuk pohon yang tumbang pada pagi hari ini ada mungkin tujuh untuk saat ini laporanya yang ditangani oleh tim. Pertama, di rumah jabatan gubernur di sungai tangka,” jelasnya Plt Kadis DLH Kota Makassar, Iman.

“Kemudian di Sungai Saddang itu yang pohon besar, di jalan rajawali di depan rumah jabatan RRI dan di Dangko. Kemudian ada di jalan Pendidikan, di kompleks Pemda, jalan Landak dan di Taman macan,” tambahnya.

Iman pun mengibau agar masyarakat tetap berhati-hati saat berkendara.

“Di Kota Makassar banyak pohon besar dan pohon yang sudah tua, ini perlu menjadi perhatian karena kalau tidak diawasi dengan baik tidak dijaga dan dirawat dapat mengancam jiwa orang lain yang berkendara atau yang lewat di jalan,” tutur Kasatpol PP Kota Makassar ini.

Lebih lanjut, Iman berharap disetiap kecamatan agar disiapkan peralatan untuk mengatasi pohon tumbang, karena cuaca ekstrim hampir terjadi setiap tahun.

“Kalau bisa setiap kecamatan disiapkan peralatan sehubungan dengan pemangkasan pohon, supaya penanganan pohon bisa secara holistik (menyeluruh) dilakukan, karena kalau semuanya lewat Dinas Lingkungan Hidup personilnya terbatas, kemudian pergerakanya agak lambat,” katanya.

Belum lagi posko pengaduan DLH yang melayani pengaduan masyarakat jauh dari daerah yang kerap terjadi pohon tumbang.

“Bayangkan kalau poskonya kita itu ada di jalan Kerung-kerung kemudian harus mengcover yang ada di Biringkanaya atau misalnya di daerah Tamalate, jadi butuh waktu sedangkan yang namanya pohon tumbang itu harapannya masyarakat harus ditangani dengan cepat,” terang Iman. (andi)

Pos terkait