Kenali 7 Tanda Seseorang yang Mengalami Kecanduan Seks yang Harus Diwaspadai

  • Whatsapp

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Kecanduan seks adalah kondisi di mana seseorang secara kompulsif butuh melakukan aktivitas seks. Namun ia sulit mendapatkan kepuasan. Dengan kata lain ia sulit mengendalikan hasrat seks nya.

Kecanduan seks sama buruknya dengan kecanduan alkohol dan obat-obatan. Durasi terapi kecanduan seks agar bisa sembuh pun tergolong cukup lama.

Bacaan Lainnya

Dalam ilmu psikologi, kecanduan seks termasuk salah satu gangguan mental, namun sulit dijabarkan kategorinya.

Perilaku ini berpotensi membawa pengaruh negatif baik secara psikis maupun fisik, pada kualitas hidup, hubungan personal hingga keamanan diri sendiri dan orang lain.

Aktivitas seks yang dilakukan pada orang kecanduan seks bisa bermacam-macam mulai dari hubungan badan, masturbasi, mengonsumsi konten pornografi terus menerus atau hal lainnya.

Sejumlah pakar psikologi dan konseling percintaan dari Delamere Health Cheshire menjabarkan tujuh gejala seseorang kecanduan seks yang harus diwaspadai.

1. Selalu Memikirkan Seks

Kecanduan seks membuat seseorang tak berhenti memikirkan seks bahkan bisa sampai tahap obsesif. Biasanya pikiran-pikiran itu berkaitan dengan aktivitas seks yang ingin dia coba atau menjadi obsesinya.

Memikirkan seks setiap waktu membuat dia jadi kesulitan konsentrasi pada hal lain. Misalnya pekerjaan, keluarga atau lingkungan sosial.

2. Selalu Memiliki Dorongan untuk Melakukan Hubungan Seks

Seperti dilansir Daily Star, otak seseorang yang kecanduan seks seolah memaksa dia untuk bercinta atau melakukan aktivitas seks lainnya. Bahkan ketika dia sadar dorongan itu bisa menimbulkan efek negatif.

3. Menghabiskan Sebagian Besar Waktunya untuk Aktivitas Seks

Ketergantungan akan seks dan keinginan untuk selalu mencari kenikmatan seks bisa membuat seseorang kehilangan waktunya untuk hal lain. Misalnya saja menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, belajar jika dia masih berstatus pelajar, mengatur keuangan hingga merawat diri sendiri.

4. Kehilangan Kontrol Hasratnya Sendiri

Perilaku seks yang tidak wajar sering kali memicu penderita kecanduan seks merasa jijik pada diri sendiri. Mereka juga merasakan penyesalan, tak berdaya, gelisah bahkan depresi.

Umumnya pecandu seks menjalani dua kehidupan yang berbeda. Hal ini membuat mereka terus khawatir rahasia gelapnya terungkap.

5. Tidak Tertarik dengan Aktivitas Lain Kecuali Seks

Mengacu pada poin pertama, seseorang yang kecanduan seks akan menghabiskan waktunya beraktivitas atau memikirkan tentang seks. Hingga sampai pada poin mereka akan hilang ketertarikan dengan kegiatan lain, misalnya menjalani hobi yang dulu sangat mereka sukai.

6. Menjauhkan Diri dari Keluarga

Perasaan malu dan jijik pada diri sendiri membuat mereka menjauhi orang-orang terdekat, misalnya keluarga atau teman, bahkan pasangan. Sebab mereka tidak ingin keburukannya terbongkar dan dipandang memiliki kelainan.

7. Kecenderungan Menyakiti Diri Sendiri atau Orang Lain

Seorang yang kecanduan seks mungkin akan lebih sering melakukan masturbasi atau berhubungan seks yang sadis, sehingga membuat mereka mengalami sakit fisik. Namun, hal tersebut tidak akan menghentikan tindakan mereka untuk melakukan aktivitas seksual secara berlebihan.

(Sumber detik.com)

Pos terkait