Pj Gubernur Sulsel Usul Hadirkan Pangkalan di Lutim Permudah Distribusi Barang dan Jasa

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR | Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin kunjungi Markas Komando (Mako) Lantamal VI, Kamis, 14 September 2023. Kedatangan Pj Gubernur Bahtiar diterima Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama TNI Ivan Gatot Prijanto, SE., M,Tr.,Opsla beserta jajaran di Ruang Kajoalalido.

Pada pertemuan yang penuh keakraban ini, Bahtiar menyampaikan gagasannya terkait distribusi barang dan jasa menggunakan tranportasi laut tidak hanya bertumpu pada Pelabuhan Soekarno-Hatta di Kota Makassar dan Pelabuhan Nusantara di Kota Parepare.

Bacaan Lainnya

“Saya punya gagasan agar Lantamal VI miliki pangkalan di bagian timur Pulau Sulawesi atau lebih tepatnya di Kabupaten Luwu Timur, agar distribusi barang tidak hanya ditopang Pelabuhan Makassar dan Pelabuhan Parepare,” ungkapnya.

Menurutnya, bila hal ini dikembangkan dapat meminimalisir biaya distribusi barang dan jasa serta dapat menekan inflasi.

Komandan Lantamal VI Ivan Gatot Prijanto, mengatakan, Pelabuhan Soekarno Hatta maupun Pelabuhan Nusantara punya sejarah historis semasa Pemerintahan Hindia Belanda.

“Keberadaan Pelabuhan Nusantara dan Pelabuhan Soekarno-Hatta punya historis sebab semasa Pemerintahan Hindia Belanda kedua pelabuhan ini dijadikan lalu lintas barang se-nusantara,” katanya.

Ivan Gatot Prijanto kemudian mengapresiasi gagasan Pj Gubernur Bahtiar dan perhatian khususnya terhadap tata kelola distribusi barang dan jasa di masa datang. Bahkan beberapa waktu lalu sempat dibahas bersama Pemerintah Kabupaten Luwu Timur.

Pertemuan ini pun diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari kedua pihak. (*)

Pos terkait