Kinerja Direksi Perusda Belum Memuaskan

INFOSULSEL.com, MAKASSAR– Owner Perusahan Daerah, Rhaman Pomanto meyoroti sejumlah pimpinan direksi Perusda yang tidak efektif memanfaatkan sejumlah peluang yang ada untuk mencapai pendapatan asli daerah.

Baru-baru ini, Danny  Pomanto sapaan akrabnya  menilai kinerja pimpinan perusahaan daerah (Perusda) Kota Makassar pada Semester I 2017 tidak berjalan efektif.

Bacaan Lainnya

Olehny itu, waktu dekat ini Danny akan melakukan evaluasi di jajaran pejabat perusda. Seperti PD Pasar, PD Terminal, PD RPH, PD Parkir dan PDAM. Apalagi, Danny menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2017 ini bisa mencapai Rp 2 triliun.

“Kita akan berpikir untuk tingkatkan PAD sebesar Rp 2 triliun. Saya tidak butuh waktu lama untuk perbaiki perusda. Kami akan segera memperkuat apa yang selama ini lemah,” ujar Danny  (18/7/2017).

Tak hanya Danny, sejumlah legislator Makassar juga menilai kinerja direksi perusda jauh dari yang diharapkan sebelumnya.” Direksi PD PAsar, Terminal harusnya diganti saja, tidak ada yang dapat disetorkan untuk PAD kita,” kata Amar Busthanul yang juga antan ketua Komisi B yang membidangi seluruh Perusda.

Amar juga menyarankan agar Wali Kota Makassar selaku owner agar tidak asal menujuk calon direksi kedepannya. dia menilai jika perusda dapat berjalan dengan baik, maka PAD tidak hanya 1 atau 2 triliun, tapi bisa lebih besar dari itu.

“di Kota Surabaya, Bali dan Badung itu perusda untuk pemotongan hewan menyetor PAD sebesar Rp 300 milliar lebih, Parkirnya juga demikian, maka jika lima perusda di makassar ini menyetor masing -masing Rp 50 milliar saja, maka dapat menambah Rp250 milliar, itu jika hanya Rp50 saja, bagaimana jika masing-masing menyetor Rp150,” tutup Amar.

 

Penulis : Sabri

Editor : Anwar

Pos terkait