Makasar dan Bantaeng 10 Kota Layak Pemuda 2017 di Indonesia

INFOSULSEL.COM, PADANG — Kemenpora menganugerahkan penghargaan kepada 10 kabupaten/kota di Indonesia sebagai Kota Layak Pemuda (KLP) 2017.  Makassar dan Bantaeng, dua diantaranya.

Penghargaan ini menjadi rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89. “Selamat kepada kabupaten/kota yang telah masuk nominasi dan mendapat penghargaan. Jadikan ini sebagai penyemangat dalam pembangunan kepemudaan,” ucap Menpora Imam Nahrawi dalam rilisnya, Minggu (29/10/2017).

Bacaan Lainnya

Penghargaan diberikan bertepatan Hari Sumpah Pemuda, Sabtu (28/10) di Ball Room Grand Inna Hotel Padang, Sumatera Barat. “Potensi pemuda yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia memerlukan sesuatu pengintegrasian dalam pengelolaannya di daerah,” katanya

Menurut Imam, pemerintah dalam hal ini Kemenpora mengeluarkan kebijakan dan program Kabupaten/Kota Layak Pemuda untuk menyadarkan, memberdayakan, dan mengembangkan potensi kaum muda dalam mendukung pembangunan daerah di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, dan agama.

“KLP merupakan salah satu program prioritas Kemenpora dalam meningkatkan mutu standardisasi kepemudaan di seluruh Indonesia, sehingga semua Kota dan Kabupaten di Indonesia mempunyai standardisasi dalam pengembangan pemuda yang berusia 16 sampai 30 tahun yang diatur dalam UU dan Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga No 11 Tahun 2017,” ungkapnya.

“Saya optimistis dengan adanya program KLP ini, maka para pemimpin daerah dapat meningkatkan partisipasi dan peran serta pemuda dalam pembangunan agama, sosial, budaya, dan ekonomi, sesuai dengan Nawa Cita dan komitmen pemerintah, masyarakat dunia dalam mewujudkan suatu kabupaten/kota yang memiliki sistem pembangunan yang berbasis layanan dan kepemudaan,” tutupnya.

Sepuluh kabupaten/kota yang mendapat penghargaan adalah, Kabupaten Bantaeng (Sulawesi Selatan), Kota Bandung (Jawa Barat), Kota Jakarta Utara (DKI Jakarta), Kota Makassar (Sulawesi Selatan), Kota Padang (Sumatera Barat), Kota Tangerang (Banten), Kota Ternate (Maluku Utara), Kota Banda Aceh (Aceh), Kota Pontianak (Kalimantan Barat), dan Kota Tangerang Selatan (Banten).

10 Kabupaten/kota tersebut mendapatkan piagam, piala, dan uang pembinaan senilai Rp 100 juta.

Sebagai informasi, penganugerahan kota layak pemuda dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu Kabupaten/Kota kategori Utama, Kabupaten/Kota kategori madya dan Kabupaten/Kota kategori Pratama. Sebagai langkah awal, tim yang ditugaskan dari Kemenpora melakukan kunjungan lapangan. Setelah proses administrasi kota dan kabupaten lengkap, tim akan akan memberikan penilaian.

Penulis : Aril

 

Pos terkait