Rammang-Rammang, Pesona Gunung Karst Peninggalan Jaman Purba

  • Whatsapp

WISATA SULSEL

INFOSULSEL.COM — Sebuah desa di balik pegunungan karst di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan mulai populer. Namanya, Rammang-rammang. Kawasan ini sisa-sisa peninggalan manusia purba. Kini menjadi salah satu daya tarik.

Keindahan bawah laut bukanlah satu-satunya pesona alam yang dimiliki Sulsel. Sederet pegunungan membentang, cukup menantang untuk dijelajahi. Pegunungan batu kapur (karst) di Kabupaten Maros.

Desa ini jadi situs warisan dunia. Jaraknya hanya sekitar 40-an kilometer (Km) sebelah utara Kota Makassar.

Hadirnya Rammang-Rammang menjadi salah satu destinasi wisata di Sulsel menambah pilihan tempat wisata di daerah ini. Kawasan ini pertama kali dikembangkan pada tahun 2014 oleh masyarakat Desa Salenrang.

Rammang-Rammang menyajikan keindahan desa yang dikelilingi pegunungan karst yang sangat luas, lengkap dengan sungai dan bentangan sawah yang asri.
Selain gugusan tebing kapur yang sangat mempesona, Rammang-Rammang juga memiliki taman batu sendiri yang bisa dijelajahi. Berjalan diantara batu-batu nan tinggi, yang bercorak garis-garis cokelat dan hijau.

Tahun 2001, UNESCO memasukan kawasan karst ini sebagai kawasan cagar alam yang telah memenuhi 9 syarat, termasuk keragaman hayati yang unik dan tentu saja sisa peninggalan manusia purba di beberapa dinding gua. Tempat ini juga kerap kali dijadikan lokasi syuting film, seperti film lokal buatan anak negeri, Silariang.

Untuk masuk ke desa tersebut, pengunjung harus menempuh transportasi air, yakni mengikuti alur sungai. Harganya Rp 200.000 saja per kapal, dengan kapasitas 1-5 orang.

Di sana,  wisatawan bisa treking di sekitaran pegunungan batu kapur. Karena harus melewati jalan setapak di sela-sela area sawah yang basah dan licin. Jadi gunakanlah sepatu atau sandal gunung agar treking lebih nyaman.

 

Penulis : Asril/dbs

Pos terkait