Bangun Infrastruktur Lintas Desa, PU Gelontorkan Dana Rp 600 Juta Setiap Kecamatan

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR— Satuan Kerja Pengembangan Kawasan Pemukiman (PKP) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum (PU) mengucurkan anggaran untuk proyek infrastruktur di sejumlah kabupaten/kota. Nilainya cukup fantastis, sebesar Rp600 juta per kecamatan.

“Ada 66 kecamatan yang tersebar di 14 kabupaten yang memperoleh anggaran ini yang diperuntukkan bagi pembangunan infrastruktur yang bersifat lintas desa,” kata
Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan, Andi Bakti Haruni, usai penyerahan dokumen anggaran untuk program fisik pengembangan infrastruktur pedesaan, pada Jumat (11/5/2018).

Dijelaskannya, kecamatan yang mendapat kucuran anggaran adalah yang mengajukan proposal dan dinilai sejalan dengan program PKP

“Kita harus bersyukur karena tahun ini ada 66 kecamatan yang memperoleh kucuran anggaran untuk infrastruktur. Sebelumnya hanya tiga,” katanya.

Dijelaskan pula, kegiatan infrastruktur yang didanai melalui APBN itu tidak boleh ditenderkan alias dipihak ketigakan. Harus swakelola yang bersifat padat karya.

“Program ini harus tepat sasaran, manajemen atau penatausahaan yang baik, pelibatan masyarakat dari perencanaan, sampai operasi dan pemeliharaan,” jelasnya.

Berikut Kabupaten yang memperoleh anggaran untuk infrastruktur:

Kabupaten Gowa ( 3 kecamatan ) Kabupaten Takalar (6 Kecamatan)
Kabupaten Jeneponto (3 Kecamatan) Kabupaten Bantaeng (1 Kecamatan)

Kabupaten Selayar (3 Kecamatan) Kabupaten Maros (1 Kecamatan)
Kabupaten Bone (7 Kecamatan)
Kabupaten Wajo (10 Kecamatan) Kabupaten Sidrap (11 Kecamatan)

Kabupaten Luwu (7 Kecamatan ) Kabupaten Luwu Utara (3 Kecamatan) Kabupaten Enrekang (3 Kecamatan) Kabupaten Tana Toraja ( 2 Kecamatan) Kabupaten Toraja Utara ( 6 Kecamatan).(*)

Penulis: Mirsan
Editor : Yudhi

Pos terkait