7 Petinju Makassar Try Out ke Bali

Ketua sasana tinju Hasanuddin,, Kolonel CPM Yudha Adillah bersama Ketua Pertina kota Makassar Muh Tawing SE, salam komando usai melepas rombongan try out menuju Bali.(FOTO: SRI SYAHRIL)

INFOSULSELMAKASSAR- Tujuh petinju kota Makassar yang dipersiapkan menghadapi Pekan Olahraga Daerah (Porda) 2018 di Pinrang akan melakukan try out ke Bali selama dua pekan. 

Rombongan yang terdiri tujuh atlet, dua pelatih dan seorang official ini dilepas oleh Ketua sasana tinju Hasanuddin, Kolonel CPM Yudha Adillah bersama Ketua Persatuan Tinju Amatir (Pertina) kota Makassar Muh Tawing SE, di RM Torani, Sabtu (4/8/2018).

Bacaan Lainnya
Rombongan atlet tinju kota Makassar yang akan try out ke Bali.(FOTO: SRI SHARIL)
‘’Try out ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan pengalaman, bukan untuk jalan-jalan. Saya harap seluruh atlet memanfaatkan kesempatan ini untuk berlatih dan menimba ilmu dengan pelatih dan atlet di daerah lain,” tegas Kolonel Yudha Adillah yang sehari-hari menjawab Kepala Korps Peralatan Komando Daerah Militer (Kapaldam) XIV Hasanuddin.

Ketua Pertina kota Makassar M Tawing menjelaskan para atlet ini akan menjalani try out di sasana tinju milik Pino Bahari  dan Ali Suwandana. Kedua sasana  ini dipilih karena telah banyak melahirkan atlet-atlet berkualitas di Indonesia dan dilatih oleh pelatih berpengalaman.

Pino Bahari adalah mantan atlet nasional tinju Indonesia. Sementara Ali Swandana adalah Ketua Pertina Provinsi Bali yang saat ini dipercaya menjadi Komisi Tehnik (Komtek) cabang olahraga tinju di Asian Games 2018.

“Selain itu Bali juga dekat dengan Makassar. Pembinaan olahraga tinju di Bali cukup maju. Dua sasana itu dilatih oleh pelatih-pelatih berkualitas yang selama ini melahirkan banyak atlet-atlet berprestasi dan langganan pelatnas,” jelas M Tawing.

Ketujuh atlet kota Makassar ini akan meninggalkan Makassar Senin (5/8/2018). Mereka tersebut yakni Yoshua Holy Masihor  yang akan turun di kelas 49 Kilogram (Kg), Abraham Masihor, kelas 52 Kg, Iknasius Pay (56 Kg), M Ridwan (60 Kg), Ivan Wahyudi (64 Kg), Gufron Radhan (69 Kg) dan Jhon Yambe (75 Kg). Selama di Bali mereka akan didampingi dua pelatih, Alberth Lalaar  dan Dufri Masihor.

Selama menjalani try out para atlet tidak lagi fokus pada latihan fisik melainkan akan digembeleng latihan strategi. Sebab selama menjalani pemusatan latihan para atlet telah dilatih fisik di Sasana Hasanuddin, salah satu sasana  yang dibina oleh Kodam XIV Hasanuddin.

”Kita lebih fokus pada latihan strategi. Karena itu materi latihan nanti akan lebih banyak melakukan sparing atau uji coba menghadapi petinju-petinju yang levelnya satu tingkat di atas atlet kami,” ujar Tawing.

Tawing juga berharap seluruh atlet memanfaatkan kesempatan nini untuk mengembangkan diri dan menambah kemampuan bertandingnya sebelum turun di ajang Porda Sulsel.

‘’Try out ini juga diharap bisa menambah semangat para atlet. Sekaligus meningkatkan sportivitas guna mempersiapkan diri menghadapi Porda Pinrang,” katanya.

Tawing juga mengucapkan terimakasih kepada Panglima Kodam XIV Hasanuddin dan Kapaldam karena selama ini telah membantu Pertina Makassar dan Sulsel melakukan pembinaan olahraga tinju di Makassar khususnya dan Sulsel pada umumnya. Sebagai wujud pembinaan tersebut Pangdam memberi tempat kepada para atlet untuk berlatih di Makodam Hasanuddin.

“Prajurit-prajurti TNI juga banyak yang menjadi petinju. Bahkan enam dari tujuh petinju kota Makassar berasal dari sasana Hasanuuddin. Sementara satu petinju lainnya berasal dari Sasana Satpol PP kota Makassar,” ungkap Tawing.

 

Penulis : Asri Syahril

Pos terkait