Pj Gubernur Sulsel Lantik Kepala Perwakilan BPKP Sulsel

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR— Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono melantik Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sulsel, Arman Sahri Harahap di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, pada Selasa (7/8/2018). Arman menggantikan Didit Krisdianto yang dipindah ditugaskan di BPKP Pusat.

“Kenapa yang melantik Pemprov Sulsel, ini karena Gubernur adalah wakil pusat di daerah. Jadi boleh dilantik oleh orang pusat atau Gubernur atas nama pemerintah pusat,” kata Sumarsono usai pelantikan.

Sumarsono menyebutkan kinerja BPKP di Sulsel sangat baik, selain menjalankan tugas audit juga membantu pemerintah daerah dalam menciptakan akuntabilitas tata kelola anggaran dan pembangunan.

Bacaan Lainnya

“Kalau dulu sebagai auditor murni, sekarang ada tambahan untuk membina akuntabilitas Pemda. Selama ini telah membantu Pemda dalam membangun tata kelola yang baik,” jelasnya.

Deputi Polhukam dan PMK BPKP, Ernadhi Sudarmanto menambahkan tugas BPKP Sulsel juga melakukan pengawasan proyek strategis nasional (PSN). Diantaranya pembangunan bendungan Baliase, Karalloe dan Pamukulu, Kereta Api Trans Sulawesi dan PLTB Sidrap dan Jeneponto.

“Termasuk pembinaan APIP (Aparat Pengawas Intern Pemerintah). Dari 25 Pemda di Sulsel, sudah ada tiga yang mencapai level 3 atau tertinggi. Kita berharap pemerintah daerah terus mendorong kualitas dan kapasitas APIP ini,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, BPKP perwakilan Sulsel juga menyerahkan hasil pemeriksaan semester 1 kepada Pemprov Sulsel.(*)

Penulis: Mirsan
Editor: Yudhi

Pos terkait