Nelayan Pesisir Kelurahan Buloa Keluhkan Penimbunan Makassar New Port, Ini Masalahnya

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR— Kelompok nelayan pesisir Kelurahan Buloa, Kecamatan Tallomendatangi gedung DPRD Kota Makassar. Mereka mengeluhkan
penimbunan Makassar New Port oleh PT. Pelindo Wilayah IV Makassar.

Pendamping nelayan pesisir Buloa, Alexander mengatakan, penimbunan oleh PT. Pelindo memberikan dampak yang sangat merugikan bagi para nelayan. Terumbu karang yang tadinya terawat secara alami rusak akibat penimbunan, akibatnya ikan- ikan yang ada disekitarnya berpindah keluar ke laut lepas sehingga menyukitkan bagi para nelayan pesisir mendapat tangkapan ikan.

Bacaan Lainnya

“Dulu sebelum ada penimbunan, kita pasang jaring atau pukat satu jam hingga dua jam hasil tanggapan ikan sudah cukup dan bisa langsung pulang, sekarang kita pasang mulai malam sampai subuh hasilnya nihil,” tuturnya.

Dijelaskan lebih jauh, akibat penimbunan itu sehingga pesisir Buloa hinggga tengah laut tertutup. Menurutnya, rute untuk keluar ke laut lepas juga semakin jauh dan membutuhkan perahu dan bahan bakar yang lumayan banyak.

Untuk itu, pihaknya meminta kompensasi kepada PT. Pelindo IV sebab jika tidak, maka sekitar 40 nelayan dari 4 kelompok akan kehilangan mata pencaharian. Pasalnya perahu nelayan yang dimiliki saat rata-rata tidak bisa keluar hingga laut lepas.

Hanya saja, komunikasi yang dibangun dengan pihak PT. Pelindo IV melalui pemerintah setempat dalam hal ini Kelurahan Buloa belum direspon dengan baik.

“Inilah kemudian sehingga kami mendatangi DPRD dan berharap agar bisa dimediasi,” terangnya.

Sementara, anggota komisi A DPRD Makassar William Lauren mengaku, aspirasi kelompok nelayan pesisir Buloa ini akan segera ditindaklanjuti dan diteruskan ke pimpinan DPRD.

“Aspirasi kelompok nelayan ini akan kita kaji terlebih dahulu sebelum kita melakukan mediasi. Dan kalau tidak direspon dengan baik maka kita akan jadwalkan Rapat Dengar Pendapat (RDP) memanggil pihak pihak terkait, termasuk pemerintah kota,” jalasnya. (*/yud)

Editor: Yudhi

Pos terkait