Misriani Ilyas Ancam Gugat Kemendagri

  • Whatsapp
Misriani Ilyas .

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR —– Kasus gagalnya dilantik legislator terpilih Partai Gerindra, Misriani Ilyas, menjadi anggota DPRD Sulsel, memasuki babak baru. Legislator yang terpilih dari Dapil II Makassar meliputi Kecamatan Panakkukang, Manggala, Tamalanrea dan Biringkanayya itu akan menggugat Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kuasa Hukum Misriani, Asnawi Patandjengi menyatakan bakal membawa SK penetapan itu ke pengadilan, jika pelantikan tetap dilaksanakan.

“Kami akan menggugugat di PTUN terkait SK Mendagri tersebut. Secepatnya, setelah kami mendapat SK pelantikannya,” kata Asnawi kepada wartawan, Kamis (23/1/2020).

Misriani batal dilantik sebagai legislator pada 23 September 2019 setelah dipecat oleh partainya. Penggantinya Adam Muhammad  yang akan dilantik dalam waktu dekat.  Asnawi menyayangkan keluarnya SK pelantikan dari Kemendagri atas pengganti Misriani. Dia juga mengkritik KPU Sulsel dan Gubernur yang tetap memproses penggantian legislator terpilih.

Asnawi menjelaskan, Misriani diganti karena diberhentikan dari keanggotaan Partai Gerindra. Sedangkan keabsahan pemberhentian itu belum final, karena masih sementara diuji di pengadilan. Dengan kata lain, menurut Asnawi, pemberhentian belum mempunyai kekuatan hukum tetap atau yang mengikat.

“Harusnya KPU Sulsel, Gubernur, maupun Mendagri taat asas. Kalau pihak-pihak tersebut tidak menghargai adanya proses hukum yang sementara berjalan, maka sama saja mereka tidak mengakui negara kita sebagai negara yang berdasarkan hukum,” ucap Asnawi.

Usai Pemilihan Umum 2019, sebanyak 14 caleg Gerindra yang tidak terpilih, menggugat DPP partai, dan menuntut agar dilantik sebagai anggota legislatif di berbagai daerah terpisah. Para penggugat termasuk R Wulansari alias Mulan Jameela di DPR RI, dan Adam Muhammad di DPRD Sulsel.

Gugatan 14 caleg diterima PN Jaksel, lewat putusan bernomor 520/Pdt.Sus.Parpol/2019/PN JKT.SEL. Gerindra kemudian mengakomodir para penggugat tersebut dengan memecat caleg terpilih, termasuk Misriani.

Sejak beberapa waktu lalu, Misriani dan sejumlah caleg terpilih Gerindra mengajukan gugatan balik kepada partai di PN Jakarta Selatan. Sejauh ini proses hukum masih berjalan.

Setelah berproses selama berbulan-bulan, penggantian legislator akhirnya disetujui Kemendagri. Surat keputusan pelantikan diterima Sekretariat DPRD dari Kemendagri pada Senin (20/1/2020).

“Kami sederhana saja. Acuannya SK Mendagri. Sudah ada di meja pimpinan dan akan dirapatkan lebih lanjut,” kata Plt Sekwan DPRD Sulsel, Muhammad Janbir seperti dikutip sulsel.Idntimes.(riel)

Pos terkait