Nasdem Gelar Rakorsus di Makassar, Puluhan Ribu Kader Akan Hadir

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR —– Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem mengagendakan rapat koordinasi khusus (Rakorsus) di Makassar, Sulawesi Selatan, 25-26 Januari 2020. Salah satu agendanya adalah penyerahan rekomendasi untuk kandidat di pemilihan kepala daerah serentak.

Rakorsus yang akan dipusatkan di Celebes Convention Center (CCC) rencananya dihadiri pengurus NasDem se-Indonesia. Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dijadwalkan hadir bersama 72 pengurus DPP dan seluruh anggota fraksi di DPR RI.

Bacaan Lainnya

‘’Dari 12 pilkada di Sulsel, mungkin ada beberapa rekomendasi yang akan kita serahkan,” kata Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulsel Syaharuddin Alrif di Makassar kepada wartawan, Jumat (17/1/2020).

Nasdem belum mengumumkan siapa saja kandidat yang bakal mereka dukung pada pilkada serentak di Sulsel. Penjaringan kandidat yang digelar di masing-masing daerah, juga masih berproses.

Syahar, sapaan anggota DPRD Provinsi Sulsel ini mengatakan, partainya menerbitkan rekomendasi untuk daerah yang proses penjaringannya telah rampung. Namun rekomendasi belum tentu memuat bakal wakil, karena soal itu masih menunggu koalisi.

“Yang sudah ada (pasangan), tentu kita beri rekomendasi. Kalau belum ada, kita juga tetap kasih, atau memilih menunggu sampai ada pasangannya,” ucap Syahar.

Hasil survei menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk diberikan rekomendasi di Pilkada 2020. Penetapan soal calon dukungan partai akan ditentukan pada tingkat pusat atau DPP.

Syahar belum menyebutkan siapa saja di antara kandidat kepala daerah di Sulsel yang akan didukung oleh NasDem. Dia enggan melampaui kewenangan DPP.

Rakorsus Partai NasDem di Makassar akan jadi ajang kumpul kader se-Indonesia. Konsolidasi akan digelar dengan menghadirkan pimpinan struktur partai dari 34 provinsi, beserta legislator dari seluruh daerah.

Konsolidasi juga bakal dihadiri kader yang tersebar di tingkat kabupaten (DPD), kecamatan (DPC), dan kelurahan (Ranting). Demikian pula anggota sayap partai. Jumlah pesertanya diperkirakan mencapai 25 ribu orang.

“Konsolidasi dihadiri sekitar 3.087 ketua-ketua ranting se-Sulsel, dan 15 ribu kader NasDem se-Sulsel,” papar Syahar.(*/riel)

Pos terkait