Malam-malam, Sekprov Sulsel Lantik 4 Pejabat Eselon II

  • Whatsapp

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR— Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Abdul Hayat melantik 4 pejabat tinggi pratama (eselon II) di kantornya, Jumat (14/2/2020) malam sekitar pukul 22.00 WITA.

Keempat pejabat tersebut yakni
Abdul Malik Faisal sebagai Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Andi Parenrengi sebagai Kepala Dinas Kehutanan, Andi Ardin Tjatjo sebagai Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan, serta Andi Irawan Bintang sebagai Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Pelantikan yengah malam ini karena 2 pejabat tersebut akan memasuki masa pensiun keesokan harinya jika tidak langsung dilantik malam itu berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Selatan Nomor: 821.22/04/2020 Tanggal 31 Januari 2020 dan Surat Keputusan Nomor: 821.22/07/2010 Tanggal 14 Februari 2020.

Andi Panrenrengi dan Abdul Malik Faisal merupakan pejabat yang dikukuhkan kembali karena adanya peleburan organisasi perangkat daerah (OPD) pada dinas yang dipimpin. Sementara Andi Ardin Tjatjo dan Andi Irawan Bintang sebagai Kadis ESDM merupakan pejabat yang dilantik usai mengikuti proses lelang jabatan di Pemprov Sulsel.

Abdul Hayat mengatakan pelantikan digelar malam hari karena 2 pejabat berusia 58 tahun, yakni Andi Ardin Tjatjo serta Andi Irawan Bintang, akan pensiun esok hari. Namun, karena keduanya telah dilantik menjadi pejabat eselon II, kini masa pensiunnya bertambah hingga usia 60 tahun.

“Ini kebijakan KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara) kalau tidak segera dilantik ini ada 2 pensiun, Andi Ardin dengan Andi Irawan Bintang sudah habis. Jadi dia bilang KASN batas akhir pukul 00.00 jadi itu (pertimbangan) kita (melantik malam hari),” ujar Abdul Hayat seperti dikutip Detik.com.

Menurutnya, tidak ada yang aneh dari pelantikan pejabat yang dilakukan malam hari. Abd Hayat menilai hal itu sesuatu yang wajar.

“Di kementerian juga malam (biasanya). Jadi normal, tidak ada yang luar biasa ini. Yang biasanya siang ini malam, tapi itu kan, ya di mana-mana ini juga ada,” paparnya.

Untuk diketahui, Pemprov Sulsel sebelumnya membuka lelang jabatan pejabat eselon II untuk 9 OPD. Dengan dilantiknya 2 pejabat hasil lelang malam ini, kini 7 penjabat hasil lelang yang belum dilantik. Ketujuh calon pejabat nama-namanya masih di tangan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

“Kita masih nunggu Pak Gub (untuk 7 pejabat hasil lelang),” ucap Abdul Hayat.(*/riel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan