Hatta Ali Akan Pensiun, Pemilihan Ketua MA Senin Depan

  • Whatsapp
Ketua MA Hatta Ali.(IST)

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR –— Mahkamah Agung (MA) akan menggelar pemilihan Ketua MA pada Senin (6/4/2020). Sebab, kepemimpinan Ketua MA Hatta Ali akan berakhir karena memasuki usia 70 tahun pada 7 April ini.

“Rapat paripurna khusus Pemilihan Ketua MA RI pada Senin (6/4/2020) pukul 09.00 WIB,” kata juru bicara MA, hakim agung Andi Samsan Nganro seperti dikutip detikcom, Rabu (1/4/2020).

Sesuai UU Mahkamah Agung, semua hakim agung punya kesempatan dipilih menjadi Ketua MA. Ketua MA akan dipilih oleh internal hakim agung sendiri yang kini jumlahnya 47 orang.

“Dilakukan di Ruang Prof Mr Dr Koesoemaatmah Atmadja,” ujar Andi.

Sebanyak 47 hakim agung tersebut merupakan jumlah seluruh hakim agung yang ada saat ini. Nantinya mereka akan memilih Ketua MA dengan masing-masing hakim agung memiliki hak dipilih dan memilih.

“Saat ini ada 47 hakim agung yang memiliki hak pilih dan memilih,” ujarnya.

Pemilihan akan dilakukan dengan memperhatikan protokol pencegahan penyebaran virus Corona. Mereka akan duduk berjauhan di ruang Koesoemah Atmajan dengan jarak 2,5 meter.

“Juga akan disiarkan secara langsung lewat live streaming,” ucap Andi.

Hatta Ali menjadi Ketua MA pada 2012 hingga 2017 menggantikan Harifin Tumpa. Setelah itu ia terpilih kembali untuk 5 tahun ke depan. Tapi karena Hatta Ali pensiun sebagai hakim agung tahun ini, maka ia harus menyudahi kepemimpinannya.

Selama menjadi Ketua MA, Hatta Ali menanggalkan palu dan tidak mengadili perkara sama sekali. Ia fokus melakukan manajemen kelembagaan.(riel)

Pos terkait

https://infosulsel.com/wp-content/uploads/2020/03/WhatsApp-Image-2020-03-26-at-22.10.45.jpeg