Tuntut Pembayaran Upah, Ratusan Karyawan RS Islam Faisal Datangi Rumah Jusuf Kalla

  • Whatsapp
Ratusan karyawan dan tenaga medis RS Islam Faisal mendatangi kantor gubernur Sulsel. Mereka menuntut hak-hak mereka berupa upah yang hanya dibayar 50 persen segera diselesaikan.(IST)

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR –— Ratusan tenaga medis dan karyawan Rumah Sakit (RS) Islam Fasial turun ke jalan. Mereka mendatangi rumah mantan Wakil Presdien Jusuf Kalla di Jl. H Bau, Kamis (2/7/2020).

Unjuk rasa ratusan karyawan dan tenaga medis yang sebagian pernah bertugas menangani pasien Covid-19 itu dipicu pemotongan upah pegawai sebesar 50 persen oleh manajemen rumah sakit. Selain itu juga soal pembayaran uang jasa pelayanan yang tidak terealisasi selama dua tahun.

Mereka juga meminta Dewan Pengawas (Dewas) mengaudit dana pinjaman dari bank sebesar Rp 50 miliar diaudit.

Selain mendatangi rumah JK, massa juga melakukan aksi serupa di pertigaan Jl. AP Pettrani – Jl. Sultan Alauddin, terakhir aksi serupa dilakukan di depan kantor Gubernur Sulsel.

‘’Kami mendesak manajemen RS Islam Faisal membayar upah 157 karyawan yang di rumahkan  selama 10 hari kerja,” kata Ketua Serikat Pekerja Tenaga Kesehatan RS Islam Faisal, Irham Tompo.

Irham menjelaskan selama ini para karyawan hanya diberi upah secara sepihak seebsar 50 persen tanpa ada kompromi.

‘’Karyawan juga dirumahkan tanpa melakukan musyawara dengan serikat pekerja. Begitu juga karyawan yang hamil. Mereka dirumahkan tanpa hak cuti,” ungkap Irham.

Menurut dia, alasan manajemen RS Islam Faisal merumahkan karyawan, tidak jelas.

‘’Manajemen mengeluarkan SK merumahkan karyawan dengan alasan yang tidak jelas dan mengambang. Katanya  akan dipanggil kembali bekerja tapi waktunya tidak ditentukan,” cetus Irham.

Ketua Serikat pekerja Karyawan RS Islam Fasial, Irham Tompo saat diterima Kapolsek Mariso Kompol Ahmad Yulius di depan rumah mantan Wapres Jusuf Kalla.(IST)

Pos terkait