Berukuran Besar, Ini Tahu Khas Sumedang Haji Eman Cabang Pangkep

Tahu Sumedang Pangkep

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Tahu Sumedang yang berlokasi di Jalan Poros Makassar-Parepare, tepatnya di Kabupaten Kabupaten Pangkep menjadi perhatian pengguna masyarakat sekitar dan pengguna jalan. Tahu Sumedang di Pangkep ini merupakan cabang ke 30 di Indonesia.

Tahu yang merupakan binaan Haji Eman, pria Jawa Barat, itu tampak unik. Pasalnya, ukurannya berbeda dari tahu-tahu pada umumnya. Ukurannya cukup besar.

Bacaan Lainnya

Pengelola Cabang, Rony mengatakan, alasan pihaknya memilih Pangkep sebagai cabang ke 30 dikarenakan kadar air di Kabupaten Pangkep yang dinilai lebih cocok untuk produksi tahu.

Soal rasa, kata Rony, dipastikan menggoda, dengan kecenderungan khusus pastinya dibandingkan jualan tahu di tempat lain.

“Ini sudah berjalan 3 bulan, alhamdulillah antusiasme masyarakat cukup tinggi di banding cabang lain, mungkin karena masyarakat di sini masih aneh (unik) yah, jual tahu kok sebesar ini, agak lumayan beda dengan penjual tahu yg ada sebelumnya,” jelasnya kepada infosulsel.com kamis (01/10/2020).

“Selain itu ya karena cabang ini terletak di antara 2 Kota yaitu Kota Makassar dan Kota Pare-Pare, bahkan melalui jalur ini juga bisa ke Kota Palopo, jadi Kebanyakan konsumen itu bukan warga sini tapi yang melintas dari makassar, ke Parepare atau sebaliknya,”sahut Rony

Hal lain yang membuat konsumen tertarik, dianggap Rony, karena bangunan dan parkiran lokasi tempat Tahu Sumedang Pangkep ini cukup strategis untuk rest area.

“Parkiran kami luas, jadi banyak yang anggap di sini rest area. walaupun kita tidak ada kerjasama dengan pihak sini, mungkin karena ditunjang juga dengan fasilitas yang kami sediakan ada mesjid, toilet dan parkiran yang luas tentunya,” tambahnya

Rony menyebutkan, usaha yang dirancang sejak 2009 ini mrmang ditarget untuk pengguna jalan lintas Kota se-Sulsel.

“Dari pemilik itu, sejak 2009 sudah ada riset, tapi baru terlaksana tahun ini 2020, setelah PSBB awal, dan memang targetnya di pinggir jalan poros provinsi, pilih Pangkep karena diantara daerah-daerah lain Pangkep ini yang kadar airnya paling Pas untuk pembuatan tahu dimana tingkat keasinan airnya paling rendah dibandingkan daerah-daerah yang lain,” tutur Rony

“Total karyawan sampai 50 orang, tenaga ahli langsung dari jawa, tapi ada juga sekiar 15orang merupakan warga lokak disini,” tutupnya.(rani)

Pos terkait