Disnaker Kota Makassar Umumkan UMK Naik 2 Persen Tahun Depan

Kadisnaker Kots Makassar, Irwan Bangsawan. (FOTO: SUHANDI)

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar, mengumumkan Upah Minimum Kota (UMK) Makassar naik sebesar 2 persen dari Rp 3.191.572 menjadi Rp 3.255.403.

“Keputusan dari penetapan UMK makassar sebanyak 3.255.403 kenaikan 63.831 sebesar 2 persen. Kita sudah menetapkan UMK tersebut, Yang hari ini juga saya akan menghadap ke Pak Pj Wali Kota (Prof Rudy Djamaluddin) untuk bermohon untuk dapat ditandatangani rekomendasi yang telah kita buat bersama,” ucap Kadisnaker Kota Makassar, Irwan Bangsawan, Selasa (10/11/2020).

Bacaan Lainnya

Selain merujuk pada Upah Minumum Provinsi (UMP) Sulsel, kenaikan ini juga dipengaruhi berdasarkan hasil kajian Dewan Pengupahan dengan melibatkan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan serikat buruh.

“Pertama dari pertimbangan teman-teman disini adalah pertama Karena kita mengacu pada UMP yang sudah ditetapkan naik 2 persen. Kedua pertimbangan teman dewan pengupahan dan apindo,” jelasnya.

Sementara, Ketua APINDO Makassar, Muhammar Muhayang mengatakan, pertimbangan ini setelah melewati dinamika dan situasi perekonomian yantg kurang menguntungkan di samping pertumbuhan ekonomi yang negatif.

“Jadi, kita berusaha mencari solusinya. Alhamdulillah kami di Dewan kota Makassar, kira berusaha mencari jalan terbaik dan kita bisa terima sehingga perusahaan dan pekerjaan bisa tetap survive di tahun depan, 2021,” uajrnya.

“Kita bersyukur tetap ada kenaikan, karena kan Makassar selama ini lebih tinggi dari provinsi dan kita juga ada kenaikan sebesar 2% UMK, tahun depan itu Rp 3.255.403 dari kenaikan UMK Kota Makassar itu sudah jauh dari UMP Sulsel,” ungkapnya. (andi)

Pos terkait