Polrestabes Makassar Lakukan Cara Unik saat Operasi Zebra 2020

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Makassar melaksanakan Operasi Zebra 2020 dengan kegiatan sosial pemberian sembako kepada kepada masyarakat maupun pengendara di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Ujung Pandang, Senin (2/11/2020).

Sesuai instruksi Kapolri Jenderal Idham Azis,  petugas diminta lebih humanis dan mengedepankan edukasi keselamatan berkendara di masyarakat.

Bacaan Lainnya

Kepala Urusan (Kaur) Pembinaan Operasional (Bin Ops) Satlantas Polrestabes Makassar AKP Hartati mengatakan, kegiatan bakti sosial tersebut menjadi bentuk edukasi langsung kepada masyarakat untuk membangun kesadaran dengan selalu menjaga ketertiban di jalan.

“Kita lakukan dengan pola preventif dan preemtif, implementasinya dengan bagi sembako dan bagi masker di masa pandemik COVID-19 serta tak menargetkan sanksi tilang pada Operasi Zebra tahun 2020,” katanya.

Sebanyak 200 paket sembako dan 300 masker yang dibagikan Polrestabes Makassar juga kepada pengendara. Hartati mengaku operasi tahunan ini lebih mengedepankan pendekatan humanis dan edukasi kepada masyarakat.

“Cuman pada hari pertama saja kita lakukan penindakan tilang, ada 25 kendaraan. Hari kedua sampai sekarang tidak lagi. Kita laksanakan giat simpatik seperti bagi sembako dan masker di masa pandemi Covid-19 ini,” lanjut Hartati.

Dia menjelaskan, pendekatan dengan kedua pola dalam Operasi Zebra tertuang dalam instruksi Kapolri Jenderal Idham Azis, Nomor:ST/3092/X/OPS.1.1/2020 tanggal 29 Oktober 2020. Orang nomor satu di Korps Bhayangkara itu mengharapkan instruksi tersebut bisa lebih membantu masyarakat menghadapi situasi pandemi.

“Setelah telegram bapak Kapolri kita lebih mengedukasi tentang keselamatan berkendara. Tetapi kami tetap memantau dan menegur pengendara yang ugal-ugalan, kemudian tidak memiliki SIM dan surat-surat kendaraan. Yang bahaya itu pengendara dalam kondisi mabuk. Namun kita tegur lebih humanis,” jelas polisi berpangkat tiga balok ini.

Diketahui. Pola simpatik Operasi Zebra 2020 akan berlangsung hingga 8 November mendatang. Hartati berharap Polrestabes Makassae bersama Polri bisa lebih dekat dengan masyarakat, khususnya yang kurang mampu, sehingga masyarakat tidak semakin apriori kepada polisi.

“Tak lupa kami juga terus mengimbau kepada pengendara agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Penerapan ini sebagai upaya untuk mencegah potensi penularan COVID-19,” pungkasnya. (ani/andi)

Pos terkait