Danny-Fatma Berbagi Tugas Bantu Warga Korban Banjir

Danny-Fatma berbagi tugas menangani banjir yang terjadi di sejumlah titik di Kota Makassar.(FOTO: DIKPOM PEMKOT MAKASSAR)

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR– Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terus melakukan berbagai langkah cepat untuk penanganan korban banjir di Makassar.

Akibat curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari terakhir sejumlah kawasan di Kota Makassar tergenang banjir dua hari terakhir. Ratusan Kepala keluarga (KK) terpaksa mengungsi di tempat aman. Salah satu tempat pengungsian adalah masjid. Sayangnya Dinas Sosial yang seharusnya bertanggungjawab segera membantu warga terdampak banjir, tidak sigap melakukan tugas-tugasnya.

Bacaan Lainnya

Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dan Wakil Walikota Fatmawati Rusdi terpaksa mengambil alih tugas tersebut. Keduanya sepakat berbagi tugas.  Salah satu yang harus segera disiapkan untuk pengungsi korban banjir adalah menyiapkan dapur umum di Kecamatan Tamalanrea.

“Kita terus melakukan penanganan dan koordinasi. Termasuk menyiapkan posko siaga penanganan banjir. Salah satunya memaksimalkan dapur umum di Tamalanrea,” jelas Wakil Walikota Makassar, Fatmawati Rusdi, Kamis (11/3/2021).

Fatma yang juga mantan ketua Tim Penggerak PKK dua periode di kabupaten Sidrap ini menambahkan, sejak intensitas hujan meninggi di Makassar dan sekitarnya, pihaknya terus memperkuat koordinasi dan berbagi tugas. Di antaranya, menindaklanjuti instruksi Walikota Makassar Danny Pomanto kepada semua OPD, camat dan lurah untuk siaga banjir.  Juga turun langsung memantau wilayah kerjanya masing-masing. Begitupun berkoordinasi dengan lembaga atau instansi terkait dalam melakukan evakuasi korban banjir.

“Dinas kesehatan kita sudah instruksikan untuk siaga dan turun memberikan pertolongan dan penanganan kesehatan kepada warga korban banjir,” tambah mantan anggota DPR RI dari Fraksi PPP, ini.

Bukan hanya itu, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota dan Pemerintah Kabupaten tetangga Makassar yang juga dilanda banjir, terus memperkuat koordinasi untuk mempercepat langkah penanganan.

Untuk diketahui , banjir dan genangan air melanda beberapa wilayah di Sulsel selama dua hari terakhir. Seperti Kota Makassar, Maros dan sebagian wilayah Gowa. Baik Pemprov , Pemkab dan Pemkot  serta BMKG sudah mengeluarkan imbauan untuk selalu siaga.

Secara khusus, Fatma yang dikenal sebagai pengusaha sukses sebelum menjabat wakil walikota, tak lupa menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada berbagai elemen dan instansi pemerintahan maupun swasta yang turun membantu dalam penanganan banjir. (rls-riel)

Pos terkait