Pemkot Makassar Belum Pastikan Shalat Ied di Karebosi

  • Whatsapp
Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat memberikan keterangan kepada wartawan.(IST)

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR — Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto masih mempertimbangkan lokasi pelaksanaan salat Idulfitri 1442 Hijriah di tempat terbuka. Salah satunya di Lapangan Karebosi, Makassar.

Walikota yang akrab disapa Danny Pomanto ini menilai penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid -19 belum tentu bisa berjalan maksimal meski Karebosi berada di lokasi terbuka.

Muat Lebih

“Kalau kita di Karebosi membuat jarak dengan prokes pada saat salat Insyallah kita bisa kendalikan. Tapi masuk keluarnya itu yang susah,” kata Danny saat rakor terkait penegakan protokol kesehatan di Balaikota Makassar, Senin (3/5/2021).

Saat ini, lanjut Danny, Salat Id bisa dilaksanakan di lapangan tapi dengan kapasitas terbatas. Dia mempertimbangkan supaya salat dilaksanakan di lapangan yang berada di lingkup RT/RW.

“Pikiran saya, yang pertama, Salat Id harus di luar masjid. Takutnya masjid membludak. Jadi kita sebar jangan dipusatkan di satu tempat,” katanya.

Pada pelaksanaan Salat Id tahun lalu, pemerintah meniadakan salat di lapangan maupun di masjid karena adanya pembatasan. Alhasil, masyarakat hanya dibolehkan melaksanakan Salat Id di rumah masing-masing.

Selain itu, Danny juga akan meniadakan sejumlah tradisi lain yang biasa digelar menjelang atau setelah lebaran. Salah satunya  pawai takbiran di malam lebaran, open house dan halal bihalal dari rumah ke rumah.

‘’Semua tradisi ini, tidak boleh digelar selama masih dalam suasana pandemik. Setelah Salat Id, langsung halal bihalal di lokasi lebaran.Tidak perlu salaman. Intinya kita tidak mau lengah dalam agenda apapun,” tegas Danny.

Meski begitu Danny mengaku masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat. Yang jelas, tambah Danny, pemerintah pusat telah menginstruksikan supaya tidak ada satu pun agenda masyarakat yang membuat lengah, termasuk soal lebaran.

“Tentang lebaran, sebenarnya kami menunggu perintah dari atas. Kita mempersiapkan diri sambil menunggu perintah,” ujarnya.(riel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan