Sudah Tahu Belum? Ini Bedanya Air Mani dan Sperma

  • Whatsapp

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Meski diketahui air mani dan sperma sama-sama air tapi, keduanya berbeda. Air mani dan sperma adalah cairan yang keluar dari alat kelamin laki-laki, saat ejakulasi.

Berikut perbedaan antara air mani dengan sperma yang harus kamu ketahui:

Perbedaan pengertian

Melansir dari Andrology Center, air mani adalah cairan yang berisi sel sperma dan cairan plasma lainnya.Selain sperma, air mani juga mengandung fruktosa, prostaglandin, asam amino, enzim, flavin, asam sitrat, protein, fosforilkolin, vitamin C, seng, asam fosfatase, antigen spesifik prostat, asam sialat, dan lendir.

Sedangkan sperma adalah sel reproduksi. Sel ini hanya bisa dilihat dengan jelas di bawah mikroskop, tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

Selama proses pembuahan, inti sperma akan menyatu dengan inti sel telur untuk membentuk embrio. Embrio inilah yang bakal tumbuh menjadi bayi.

Perbedaan fungsi

Fungsi air mani utamanya untuk pengantar atau transmisi sel sperma ke organ reproduksi wanita. Sementara itu, sperma adalah sel yang dirancang untuk prokreasi atau menciptakan keturunan.

Melansir Healthline, meskipun sperma mirip kecebong yang memiliki ekor, tapi sperma tidak bisa sampai sel telur tanpa bantuan air mani. Air mani pada dasarnya adalah cairan penarik yang membantu sperma mencapai sel telur untuk tujuan menciptakan keturunan.

Perbedaan ciri-ciri

Ciri-ciri air mani yakni warnanya putih kekuningan atau keabu-abuan, dan cairannya cenderung agak kental.

Setelah beberapa waktu ejakulasi, air mani akan berubah seperti agar-agar atau lebih lengket.

Setiap kali ejakulasi, rata-rata pria mengeluarkan satu sendok teh air mani. Volume ini bisa bervariasi tergantung pola makan, faktor genetik, dan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Sedangkan tampilan sel sperma sekilas mirip dengan kecebong yang memiliki ekor.

Sel ini sangat kecil. Ukuran sperma rata-rata panjangnya hanya 4,3 mikrometer panjang dan lebarnya 2,9 mikrometer.

Dok: Istimewa

Dapat diketahui ciri-ciri sperma yang sehat yakni jumlahnya sekitar 15-200 juta sel sperma per mililiter air mani.

Sehat atau tidaknya sperma juga bisa dipengaruhi kondisi medis dan reproduksi, gaya hidup, dan lingkungan sekitar. (*)

Pos terkait