Gerakan Sedekah Plasma Darah di Kota Makassar

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR Pengobatan Covid 19 dengan terapi plasma darah telah banyak direkomendasikan sebagai salah satu alternatif penyembuhan penyakit yang disebabkan oleh virus corona.

Food and Drug Administration (FDA) bahkan pernah meminta para pasien Covid-19 yang telah sembuh untuk mendonorkan plasma darah mereka. Terapi ini disebut Convalescent plasma, yaitu dengan cara memasukkan plasma darah penuh antibodi milik pasien yang telah sembuh ke tubuh penderita Covid-19.

Karena itulah di kota Makassar muncul Gerakan Sedekah Plasma. Hal ini terlihat dalam rapat terbatas Tim Kerja Gerakan Sedekah Plasma dan Para Master Covid di tiap kecamatan kota Makassar saat bertemu dengan Ketua PKK Kota Makassar Indira Yusuf Ismail dan ketua Persatuan Rumah Sakit Indonesia (PERSI) dr. Khalid Saleh.

Mereka akan segera mensosialisasikan Gerakan Sedekah Plasma dari Penyintas Covid. Rapat Terbatas yang berlangsung Kamis (5/8/2021) juga disepakati suatu langkah cepat dan segera untuk menggugah para penyintas agar mendonorkan plasma darah mereka usai sembuh dari serangan virus covid-19.

Indira Yusuf Ismail pun meminta kepada Tim untk segera bergerak, berkoordinasi dengan bebagai pihak terkait.

“Kita harus bersama sama, bahu membahu untuk menuntaskan pandemi ini, bukan hanya kampanye pelaksanaan protokol kesehatan namun mengajak para penyintas untuk mendonorkan plasma mereka” terang Indira.

Dalam kesempatan itu pula Ia meminta kepada seluruh Master covid untuk bekerjasama memberikan informasi jika ada warganya yang telah sembuh dari covid-19.

Pertemuan ini dihadiri beberapa penggagas gerakan sedekah plasma antara lain Dr. Rahmansyah (sek. PMI SulSel), Dr. dr Muji Iswanti (Ketua Perhimpunan Hukum Kesehatan), Harun Ar Rasyid (motivator). Prof. Dr. Sudirman Numba Akademisi, Dr. Hasrul, Sakka Pati, Maya. (rls)

Pos terkait