Kisah Romadon, Bocah Penderita  Tumor di Konawe Utara dan Perhatian Sang Bupati

  • Whatsapp
Romadon, bocah 8 tahun yang dirawat di RS Wahidin setelah menjalani operasi tumor di kepala. Ia mendapat bantuan dari Bupati Konut, Ruksamin.(IST)

DOA Salim dan Wasulu diijabah oleh Allah. Sedihnya pun berubah jadi senyum.  Itu setelah Bupati Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Ruksamin turun tangan langsung mengawal pengobatan anak, Romadon.

Hati Salim dan Wasulu begitu sedih melihat anaknya, Romadon berhari-hari terbaring lemas menahan sakit. Mata bocah 8 tahun itu tertutup. Mulutnya pun tak mampu berbicara  akibat tumor di kepala.

Kedua orang tua bocah 8 tahun warga Desa Tobimeita, Kecamatan Langgikima ini hanya bisa pasrah. Sebab mereka tak punya biaya untuk operasi tumor bagi sang buah hatinya. Padahal, tumor itu  sudah lama bersarang di antara tulang dan otak kepala anaknya. Sebagai petani, penghasilannya  hanya cukup untuk biaya makan. Romadon yang dirawat di rumah sakit sekitar 20 hari terpaksa harus dipulangkan meski dalam kondisi lemah.

“Awalnya dirawat di Rumah Sakit Bahteramas sekitar 20 hari. Tapi karena sudah kehabisan biaya untuk kehidupan sehari-hari, terpaksa kedua orang tuanya meminta pulang. BPJS ada. Tapi untuk biaya hidup pun sulit,”ungkap Riyani Tayeb salah satu staf Kantor Penghubung Konut kepada awak media, Selasa (2/11/2021).

Mendapat laporan tersebut, Bupati Konut, Ruksamin turun tangan langsung mengawal pengobatan medis Romadon. Kondisi itu membuat pihak keluarga pasien merasa bahagia. Sebab,  sang anak punya kesempatan besar untuk sembuh dan kembali bermain.

Selang satu hari berada di rumanya, Romadon kembali dijemput untuk mendapatkan pengobatan medis secara intensif. Bersama kedua orang tuanya, bocah yang baru duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) ini, diterbangkan ke Makassar. Ia dirawat  di Rumah Sakit Wahidin.

“Alhamdulillah, segala fasilitas dan biaya diurus bapak Bupati. Sekarang Romadon sudah dirawat di rumah sakit di Makassar. Ia ditemani kedua orangtuanya,”kata Riyani Tayeb.

Bupati Konut, Ruksamin (tengah)(IST)

Pos terkait