Kisah Romadon, Bocah Penderita  Tumor di Konawe Utara dan Perhatian Sang Bupati

Romadon, bocah 8 tahun yang dirawat di RS Wahidin setelah menjalani operasi tumor di kepala. Ia mendapat bantuan dari Bupati Konut, Ruksamin.(IST)

Riyani sapaan akrabnya menuturkan, sejak dirawat di RS Wahidin, Romadon menunjukkan perubahan kesehatan yang baik. Kini ia sudah bisa membuka matanya dan berbicara. Berbeda dengan kondisi sebelumnya. Berdasarkan perkembangan dan hasil pemeriksaan tim dokter ahli, Romadon akhirnya menjalani operasi, Rabu (3/11/2021).

“Pihak keluarga pasien sangat berterima kasih kepada Pemerintah Konut. Khususnya bapak Bupati yang telah memberikan dukungan dan perhatian besar. Ini bukan baru pertama kali. Sudah banyak pasien yang tidak memiliki biaya dibantu untuk mendapat pengobatan medis,” ungapnya.

Rasa peduli dan empati yang tinggi Bupati Konut, Rusamin kepada warganya memang telah menjadi bagian dari karakternya. Sikap keteladanan dari pemimpin yang meletakkan kemanusiaan sebagai prinsip hidup.

Rusamin juga pernah dengan cepat membereskan masalah banjir yang melanda beberapa wilayah di Konut. Gerak cepat dalam menangani masalah warganya inilah yang banyak diapresiasiasi.

‘’Pak Rusamin bekerja dengan hati dan mampu dengan cepat mendapatkan solusi. Tidak mengherankan bila masyarakat Konut demikian mencintai dan menghormatinya,’’ katanya.

Pengamat politik dan kebijakan Pusat Kajian Politik dan Kebijakan Publik (PKPK), M. Saifullah mengatakan, salah satu ciri khas pemimpin yang transformatif adalah sikap humanis yang tinggi serta mampu meramu dengan cerdas menemukan solusi dari setiap permasalahan dengan sumber daya yang ada.

“Karekter empatik dan cara berpikir out the box menjadi ciri khas pemimpin tipikal ini. Dan itu telah ditunjukkan oleh Bupati Konut,” kata Saifullah ketika dimintai tanggapannya, Rabu (3/10/2021).

Kepemimpinan seperti inilah, lanjut Saifullah, yang sangat dibutuhkan Indonesia saat ini. Kepemimpinan yang mendengar suara denyut hati rakyat dan melakukan kerja nyata dalam mewujudkan harapan rakyat.

“Saya menilai kualitas kepemimpinan Pak Ruksamin sangat dibutuhkan. Sultra bahkan nasional sangat membutuhkan kualitas kepemimpinan seperti yang selama ini ditunjukkan Pak Ruksamin,” katanya. (rls/riel)

Pos terkait