Larantuka Diguncang Gempa, Getarannya Terasa Sampai ke Makassar

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR— Gempa magnitudo 7,5 mengguncang daerah Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (14/12/2021). Getaran gempa yang terjadi pada pukul 11.20 WITA itu juga terasa di Makassar dan sejumlah daerah di Sulsel. Di antaranya Kabupaten Selayar, Bantaeng, dan Barru. Masyarakat panik. Mereka berhamburan keluar rumah dan gedung.

“Goyang sekali di sini,” kata Evy, salah satu warga Jl. Ujungpandang, kota Makassar, sesaat setelah gempa melanda Larantuka.

Bacaan Lainnya

‘’Kami sampai berlomba keluar hotel karena getarannya sangat kuat,” timpal Arwan, warga di Jl. Bulevard, Panakkukang.

Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto juga merasakan getaran saat berada di  rumahnya yang cukup besar di Jl. Amirullah. Saat itu ia tengah menerima tamu. Danny Pomanto dan tamu-tamunya pun beranjak dari tempat duduknya saat merasakan getaran  itu. Kursi dan lampu hias yang tergantung di atas plapon rumah bergoyang.

Dari postingan  rekaman video yang beredar Walikota dua periode itu nampak berbicara melalui telepon genggamnya dengan seseorang.

“Dimana ko. Keluar hati-hati. Jangan dekat-dekat. Masih gempa ini sayang,” katanya dengan logat Makassar yang kental saat menghubungi keluarganya.

Danny kemudian menuju ke pinggir kolam untuk membuktikan guncangan akibat gempa begitu terasa. Air kolam yang berada di tengah rumahnya itu sedikit berombak, menandakan terjadi getaran.

“Liatki itu kolam. Goncangan kecilnya ada,” kata Danny sambil menujuk ke arah air kolam.

Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto melihat gerakan gelombang air di kolam rumahnya akibat getaran dampak gempa yang terjadi di Laut Flores, Selasa 14 Desember 2021)

Pos terkait