Wakil Ketua DPRD Makassar Minta Pemkot Serahkan Data Revisi Refocusing

A Nurhaldin(DOK)

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR —Wakil Ketua DPRD Makassar Nurhaldin meminta Pemerintah Kota Makassar segera menyerahkan data revisi refocusing anggaran senilai Rp 443 miliar untuk penanganan Covid-19. Besaran anggaran tersebut baru diketahui dewan saat rapat paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Walikota Makassar 2019-2020 melalui video zoom, di ruang paripurna DPRD, Senin (20/4/2022..

“Kami baru mengetahui besaran anggaran Rp443 miliar itu kemarin saat rapat paripurna,” ungkap Nurhaldin, Selasa (21/4/2020).

Bacaan Lainnya

Ia memberi waktu selama sepekan untuk Pemkot menyerahkan laporan penggunaan belanja anggaran tersebut. “Satu minggu kita targetkan Pemkot melaporkan data refocusing anggaran tersebut,” katanya.

Nurhaldin mengaku setuju dengan besaran anggaran untuk penanganan Covid-19 di Makassar. Bahkan angka Rp 443 miliar dirasa kurang. DPRD menargetkan anggaran penanganan Covid-19 hingga Rp700 miliar.

“Kita setuju besaran anggaran tersebut. Tapi DPRD harus mengetahui dari dinas mana saja alokasi anggaran ini. Saya rasa anggaran Rp443 miliar ini kurang. Bahkan kami target Rp700 miliar untuk penanganan Covid-19,” tutur politisi Golkar ini.

Ia berharap anggaran tersebut benar-benar digunakan untuk kesejahteraan masyarakat terutama dalam masa pandemi ini. Banyak muncul warga miskin baru, ribuan pekerja dirumahkan dan di-PHK.

“Anggaran ini akan dialokasikan kepada masyarakat terutama bagi mereka yang terdampak, seperti warga miskin, pekerja yang kena PHK.  Anggaran Dinas Sosial Rp158 miliar bisa membantu 60 ribu KK yang ada di Kota Makassar sampai bulan Oktober,” ujar Nurhaldin.

Banggar sendiri telah membentuk Pansus LKPJ Wali Kota. “Ketua Banggar DPRD Makassar sudah menugaskan 25 orang, 15 orang diantaranya sebagai Pansus LKPJ Walikota. Sekitar 1-2 minggu akan ketahuan hasilnya. Pansus bekerja secara virtual karena adanya pemberlakuan PSBB,” ujarnya.(riel)

Pos terkait