PBSI Sulsel Akan Menggelar Kejuaraan Bulutangkis Piala Gubernur

Ketua Pengprov PBSI Sulsel Devo Khaddafi didampingi Sekum PBSI Sulsel Atman Amir saat memberikan keterangan kepada wartawan.(FOTO: RIEL)

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR — Pengurus  Provinsi (Pengprov) PBSI Sulawesi Selatan (Sulsel) )kembali akan melaksanakan Kejuaraan Bulutangkis Piala Gubernur di GOR Kantor Gubernur Sulsel,  13 – 17 Juli 2022. Selain tropy, medali dan piagam,  panitia pelaksana juga penyiapan total hadiah uang pembinaan Rp 42 juta.

Ketua Pengprov Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Sulsel Devo Khaddafi menjelaskan pada Kejuaraan Bulutangkis Piala Gubernur yang untuk pefrtama kalinya digelar akan mempertandingkan 11 nomor dari tiga kategori. Masing-masing kategori anak-anak (kelahiran 2010-2011), pemula (2008-2009) dan remaja (2006 – 2007).

Bacaan Lainnya

“Ada 11 nomor pertandingan dengan tiga kategori. Masing-masing,  kategori anak-anak dua nomor yakni nomor tunggal putra dan putri. Kategori pemula mempertandingkan nomor tunggal putra-putri dan ganda putra-putri . Sementara untuk kategori remaja U-17 mempertandingkan lima nomor yakni tunggal putra-putri, ganda putra-putri dan ganda campuran,” jelas Devo pada jumpa media di Makassar, Kamis (23/6/2022).

Menurut Devo, panpel menargetkan 300 pebulutangkis usia muda untuk memperebutkan satu tiket pada 11 kelas pertandingan. Sementara itu untuk peserta panitia menargetkan 300 orang. Pesertanya yang mendaftar adalah mereka yang telah tefdaftar dalam Sistem Informasi (SI) PBSI.

“Juara di masing-masing nomor akan mewakili Sulsel pada kejuaraan nasional memperebutkan Piala Presiden yang akan berlangsung pada 1 – 6 Agustus 2022 di Jakarta,” timpal Sekretaris Umum Pengprov PBSI Sulsel Atman Amir yang hadir mendampingi Devo.

Penyerahan  tropi bagi juara umum, akan diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi di istana pada 18 Agustus sebagai bagian dari rangkaian HUT Kemerdekaan RI 2022.

Kejuaraan bulutangkis kategori remaja dan anak-anak dilaksanakan serentak di Indonesia.  Tujuannya sebagai wadah menyiapkan atlet muda yang diharapkan menjadi pengganti Ginting, Jojo, Markus dan lainnya.

“Presiden sangat serius.  Karena Bulutangkis menjadi olahraga andalan Indonesia di level dunia. Selama ini bulutangkis yang selalu mengibarkan bendera merah putih di ajang internasional.  Diharapkan dari kejuaraan ini akan lahir pebulutangkis muda yang akan menggantikan senior-seniornya,” katanya.

Menurut Devo Piala Gubernur akan menjadi kalender tahunan PBSI Sulsel. “Kami juga berharap kabupaten kota se Sulsel juga melaksanakan Piala Bupati dan Piala Walikota  di daerah masing-masing,” tukas keponakan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, ini.(riel))

Pos terkait